Rahasia Sehat Telinga: 5 Tips Perawatan Telinga untuk Kesehatan Optimal

Rahasia Sehat Telinga: 5 Tips Perawatan Telinga untuk Kesehatan Optimal

Tips cara menjaga Kesehatan telinga-Alexander Grey-unsplash

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjaga kesehatan telinga adalah bagian penting dari upaya Menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu anda Menjaga kesehatan telinga.

1. Hindari Penggunaan Cotton Buds (Q-tip)

Penggunaan cotton buds untuk membersihkan telinga dapat mendorong kotoran lebih dalam dan merusak gendang telinga. Sebaiknya bersihkan telinga hanya pada bagian luar dengan cara yang lembut.

Kemasan sekarang pada cotton buds ada yang untuk dewasa dan anak kecil, jikalau membersihkan telinga pada anak-anak harus diperhatikan.

BACA JUGA:Cek Kesehatan di Puskesmas Kota Prabumulih, Calon KPPS Cuma Bayar Rp35.000

Jangan terlalu dalam memasukan cotton buds, nanti bisa menimbulkan penyakit. Gunakan cotton buds yang berukuran kecil, biar bisa membersihkan kotoran secara menyeluruh.

Begitu pula dengan telinga orang dewasa diselesaikan saya jangan sampai menyakiti telingga ataupun membuat telingga berdarah.

2. Jangan Memasukkan Benda Asing

Hindari memasukkan benda asing ke dalam telinga, seperti pensil, korek telinga, atau benda lainnya. Hal ini dapat menyebabkan cedera pada telinga.

BACA JUGA:10 Strategi Perawatan yang Efektif untuk Mempercepat Kesembuhan Tangan yang Pernah Patah

Adanya benda asing di telinga bisa menjadi masalah nyata. Kondisi ini bisa terasa tidak nyaman dan menyakitkan. Namun jika ingin mengeluarkannya harus hati-hati. Pastikan telinga Anda tidak sakit.

Dalam beberapa kasus, ada sesuatu yang masuk ke telinga Anda, seperti air yang masuk ke telinga saat  berenang, serangga, butiran, atau batu kecil.

Jika ya, Anda mungkin mendapat masalah. Gejalanya bisa berupa telinga gatal, nyeri, gangguan pendengaran, dan bahkan kematian. 

Gejala infeksi telinga antara lain nyeri, pendarahan pada telinga, gangguan pendengaran atau pendengaran, keluarnya cairan dari telinga, kemerahan atau pembengkakan pada saluran telinga, dan demam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber