Sisi Tersembunyi Telinga: 10 Fungsi yang Patut Diketahui Semua Orang

Sisi Tersembunyi Telinga: 10 Fungsi yang Patut Diketahui Semua Orang

Sisi Tersembunyi Telinga: 10 Fungsi yang Patut Diketahui Semua Orang-prostooleh-freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Telinga adalah organ sensorik yang penting pada manusia dan hewan, memiliki berbagai fungsi yang sangat kompleks dan vital.

Fungsi utama telinga mencakup pendengaran, keseimbangan, dan beberapa aspek lain yang mendukung fungsi umum tubuh. 

Telinga merupakan  organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mendengar suara. Suara direkam dan dimodifikasi untuk dikirim ke otak.

Agar bunyi dapat terdengar maka diperlukan suatu suara untuk menyalurkan bunyi tersebut. Jadi tentu saja kita tidak bisa mendengar dalam ruang hampa tanpa suara.

BACA JUGA:Inilah 7 Alasan Mengapa Motor Matic Cocok Menjadi Pilihan Terbaik untuk Kamu yang Belum Memiliki Motor?

1. Pendengaran

Pendengaran adalah fungsi utama telinga. Telinga manusia terdiri dari tiga bagian utama: telinga luar, tengah, dan dalam. Proses pendengaran dimulai ketika gelombang suara mencapai telinga luar dan ditangkap oleh kuping atau paviliun.

Gelombang suara kemudian diteruskan ke telinga tengah melalui saluran pendengaran dan menyebabkan getaran membran timpani.

Di telinga tengah, tulang-tulang kecil seperti palu, landasan, dan sanggurdi bergerak sebagai respons terhadap getaran. Getaran ini kemudian ditransmisikan ke telinga dalam, yang berisi cairan dan organ pendengaran yang disebut koklea.

BACA JUGA:Cara Mengisi Daya Mobil Mobil Listrik Wuling Air: Lingkungan yang Ramah dan Biaya Terjangkau

Di dalam koklea, sel rambut mengubah getaran menjadi sinyal listrik yang diteruskan melalui saraf auditori ke otak, di mana sinyal tersebut diinterpretasikan sebagai suara.

Pendengaran juga adalah kemampuan untuk merasakan suara. Pada manusia dan vertebrata, hal ini dilakukan terutama oleh sistem pendengaran, yang meliputi telinga, saraf, dan otak.

2. Keseimbangan

Telinga juga berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Bagian telinga dalam yang disebut labirin terlibat dalam sistem keseimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber