Jangan Sampai Rusak, Harga Baterai Mobil Wuling Air EV Segini Mahalnya

Jangan Sampai Rusak, Harga Baterai Mobil Wuling Air EV Segini Mahalnya

Harga baterai mobil listrik memang menjadi salah satu diperhatikan.--Tangkapan Layar Instagram/@simplyfitment

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Harga baterai mobil listrik memang menjadi salah satu faktor yang menjadi kendala bagi perkembangan mobil listrik di Indonesia.  Hal ini karena Harga baterai mobil listrik masih tergolong mahal, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Jika sebelumnya, Wuling belum mengungkapkan seberapa besar nominal harga baterai mobil listrik mereka kepada publik. Hingga akhirnya kini mereka pun membeberkannya. 

Akan tetapi hingga saat ini harga baterai mobil wuling yang terungkap hampir menembus tiga digit. Seperti yang diketahui, Wuling Air EV merupakan salah satu model mobil listrik yang memiliki harga paling terjangkau.

Wuling Air EV menciptakan terobosan di pasar mobil listrik Indonesia dengan harga yang terjangkau. Di tengah tawaran para produsen untuk mobil listrik dengan harga di atas Rp 500 juta, Wuling malah menawarkan Air EV dengan harga di bawah Rp 300 juta.

BACA JUGA:Performa Baterai Mobil Listrik Wuling Air: Seberapa Lama Bisa Bertahan?

Selain itu, Wuling Air EV juga termasuk salah satu mobil listrik yang menerima subsidi dari pemerintah. Subsidi tersebut berkontribusi pada penurunan harga Wuling Air EV, sehingga harganya setidaknya Rp 270 jutaan, menjadi yang paling tinggi.

Sebagai perbandingan, harga baterai mobil listrik Hyundai yaitu Ioniq 6 dapat mencapai 40% dari harga keseluruhan mobil itu sendiri. Artinya, untuk membeli baterai mobil listrik Ioniq 6, konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 300 jutaan.

Lantas, bagaimana dengan mobil listrik yang lebih kecil dan terjangkau, seperti Wuling Air EV? Apakah harga baterainya juga semahal mobil listrik itu sendiri ?

Berdasarkan keterangan dari Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Indonesia, harga baterai Wuling Air EV Long Range hampir mencapai Rp. 100 Juta. 

BACA JUGA:Berkendara Tanpa Ribet: Cara Praktis Mengisi Baterai Mobil Listrik Wuling Air EV

Dengan harga tersebut, baterai Wuling Air EV Long Range dapat memiliki kapasitas sebesar 26,7 kWh. Dimana, dengan kapasitas baterai ini dapat membuat Wuling Air EV Long Range hanya mampu menempuh jarak sejauh 300 km.

Saat ini, harga Wuling Air EV Long Range berada pada angka Rp 299.500.000.

Namun, setelah diberikan potongan diskon dan nilai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11% dikurangi menjadi 1%, total diskon yang diperoleh mencapai Rp 26.000.000. Dengan demikian, harga jualnya menjadi Rp 273.500.000.

Sedangkan untuk versi lainnya yaitu Standard Range, mobil ini dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 7,3 kWh dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Rp 243.000.000. Setelah mendapatkan diskon PPN sekitar Rp 21.000.000, harga jualnya menjadi Rp 222.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber