Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang Ramah Diabetes

Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang  Ramah Diabetes

Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Ramah Diabetes--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dengan beberapa perubahan sederhana, penderita diabetes tetap dapat menikmati nasi sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang, kata Dr. Tribhuvan Gulati, konsultan utama, Direktur Penelitian diabetes.

Beras telah dianggap sebagai makanan berat karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi yang meningkatkan kadar insulin dalam tubuh secara signifikan. Karena itu, wajar saja, penderita diabetes diperingatkan untuk tidak makan nasi.

Tapi apakah mereka masih bisa menikmati makanan pokok India sebagai bagian dari diet seimbang, atau harus berpamitan dengan nasi? Para ahli menimbang.

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya secara efektif. "Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah.

BACA JUGA:Jangan Abaikan Tanda Bahaya Dari Infeksi Amandel! Ini Ciri Ciri Yang Harus Diwaspadai

Hiperglikemia, atau peningkatan kadar gula darah, adalah efek umum dari diabetes yang tidak terkontrol, yang seiring waktu mengakibatkan kerusakan parah pada banyak sistem tubuh.

Terutama saraf dan pembuluh darah, " jelas Dr. Mohit Saran, spesialis penyakit dalam dan diabetes di Rumah Sakit Manipal Gurugram.

Beras adalah makanan pokok bagi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi bagi mereka yang menderita diabetes, kekhawatiran tentang melonjaknya kadar gula darah bisa menjadi terlarang.

BACA JUGA:Hubungan Gaya Hidup dan Penyakit Mata, 5 Faktor Penyebab yang Perlu Diketahui


penderita diabetes dapat menikmati nasi sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang--Foto : Freepik.com

Tetapi dengan beberapa perubahan sederhana, penderita diabetes dapat menikmati nasi sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang, kata Dr. Tribhuvan Gulati, konsultan utama Diabetes, Obesitas, dan Penyakit Dalam di Rumah Sakit ck Birla di Delhi.

Memilih jenis beras yang tepat

Kunci untuk memasukkan beras sambil mengelola diabetes terletak pada pemilihan jenis yang tepat. Menurut Dr. Gulati, beberapa pilihannya adalah:

Beras merah: Dikemas dengan serat dan nutrisi, beras merah memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada beras putih, yang berarti melepaskan gula ke dalam aliran darah lebih lambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cara membuat nasi menjadi kenikmatan ramah diabetes