Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang Ramah Diabetes

Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang  Ramah Diabetes

Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Ramah Diabetes--Foto : Freepik.com

BACA JUGA:Yuk Kenali! Jenis Tanaman Herbal dan Berbagai Faktor Supaya Layak Dikonsumsi

Nasi basmati: Nasi berbiji panjang ini memiliki rasa yang sedikit pedas dan GI yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Nasi Liar: Secara teknis bukan nasi asli, tetapi nasi liar memiliki kandungan serat yang tinggi dan rasa seperti kacang yang khas. Ini adalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari rasa dan kualitas yang lebih berbeda.

Nasi biji-bijian campuran: Campuran beras merah, beras liar, dan biji-bijian lainnya memberikan berbagai nutrisi dan tekstur, menjadikannya pilihan yang beraroma dan sehat.

Ukuran bagian

BACA JUGA:6 Rekomendasi Motor Matic Terbaik yang Pantas Jadi Pilihan Kamu!

Saat mengonsumsi nasi, penting untuk memantau ukuran porsinya. Dr. Gulati menunjukkan bahwa aturan praktis yang baik adalah tetap berpegang pada 1/2 cangkir porsi yang dimasak per makanan.

"Asupan nasi seseorang dapat mempengaruhi kadar gula darahnya secara signifikan," kata Dr. David Koch, profesor kedokteran di University of California, San Diego.

Menggabungkan nasi dengan protein, sayuran, dan lemak sehat dapat memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Juga, nasi dan roti tidak boleh dikonsumsi bersamaan dalam makanan," kata Dr. Gulati.

Berikut cara menikmati nasi ramah diabetes:

BACA JUGA: Keajaiban Alam, Eksplorasi Aneka Tanaman Herbal dan Khasiat Ajaib yang Menggetarkan!

Donburi: Padukan nasi dengan ayam, tahu, ikan bakar, dan aneka sayur bakar atau kukus. Taruh di atasnya dengan saus atau saus ringan.

Nasi goreng: Gunakan nasi merah sebagai pengganti nasi putih dan tambahkan banyak sayuran dan protein tanpa lemak. Pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang atau menggoreng.

Sup dan semur: Tambahkan nasi dengan sup sayur atau ayam untuk hidangan yang lengkap dan memuaskan.

Salad nasi: Siapkan salad nasi dingin dengan sayuran cincang, bumbu dapur, dan saus vinaigrette. "Ini adalah makan siang ringan atau lauk pauk yang sempurna," kata Dr. Gulati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cara membuat nasi menjadi kenikmatan ramah diabetes