Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang Ramah Diabetes

Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang  Ramah Diabetes

Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Ramah Diabetes--Foto : Freepik.com

BACA JUGA:Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Setiap Hari Makan 1 Alpukat? Ini Kata Ahli Diabetes


Periksa kadar gula darah Anda secara teratur untuk memahami bagaimana berbagai jenis dan porsi nasi memengaruhi tubuh Anda.--Foto : Freepik.com

Dr. Saran menambahkan beberapa petunjuk tambahan.

Jelajahi sereal alternatif seperti nasi kembang kol untuk pilihan rendah karbohidrat. Pengganti ini memberikan tekstur yang serupa dan menyerap rasa dengan baik sekaligus lebih ramah diabetes.

Periksa kadar gula darah Anda secara teratur untuk memahami bagaimana berbagai jenis dan porsi nasi memengaruhi tubuh Anda. Informasi ini dapat memandu Anda dalam membuat pilihan berdasarkan informasi tentang diet Anda.

Kebutuhan diet setiap individu adalah unik. Ahli diet terdaftar dapat memberikan panduan yang dipersonalisasi, dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan, preferensi, dan gaya hidup spesifik Anda.

BACA JUGA:Keajaiban Rebusan Air Jagung: Menurunkan Kolesterol dan Meluruhkan Batu Ginjal Secara Alami

Lebih baik mengukus atau merebus nasi daripada menggoreng. "Metode ini membantu menjaga keutuhan nutrisi beras sambil menghindari tambahan lemak tidak sehat," kata Dr. Saran.

Menurut Dr. Gulati, orang juga bisa memasak nasi dengan sedikit kayu manis atau jinten. "Rempah-rempah ini telah terbukti memiliki efek hipoglikemik. Bilas nasi sebelum dimasak, karena ini dapat membantu menghilangkan beberapa pati yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Orang dapat mempertimbangkan untuk menggunakan penanak nasi karena membantu memastikan nasi matang sempurna setiap saat," kata Dr. Gulati.

Anda harus ingat bahwa moderasi dan diet yang sehat adalah kunci untuk mengelola diabetes. Dengan memilih jenis nasi yang tepat, mengontrol porsi, dan memadukannya dengan bahan-bahan yang sehat, penderita diabetes dapat menikmati makanan pokok yang lezat ini sebagai bagian dari diet seimbang.

BACA JUGA:Mari Menghitung Nutrisi: Inilah kandungan Yang Ada Dalam 100 Gram Anggur Hitam

Dr. Hridish Narayan Chakravarti, Konsultan-Penderita Diabetes dan Endokrinologi, Rumah Sakit Narayana, Howrah, Chunavati, dan Rumah Sakit Narayana RN Tagore Hospital, setuju dengan Mukundapurand dan berbagi bahwa individu dengan diabetes harus secara teratur memantau kadar gula darah dan bekerja dengan profesional medis dan ahli gizi untuk membuat rencana diet yang dipersonalisasi dan berkelanjutan.

Mempertahankan gaya hidup yang baik, seperti olahraga teratur, yoga, dan jalan kaki, dapat membantu menjaga kadar gula, tambah Dr. Saran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cara membuat nasi menjadi kenikmatan ramah diabetes