Mengatasi Penyakit Asma Sebelum Terlanjur Parah, Lakukan Beberapa Tindakan Ini!

Mengatasi Penyakit Asma Sebelum Terlanjur Parah, Lakukan Beberapa Tindakan Ini!

Lakukan beberapa tindakan untuk mencegah asma sebelum terlanjur parah.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Asma adalah penyakit yang diakibatkan karena dahak yang menumpuk di tenggorokkan, menimbulkan penyempitan pernapasan sehingga susah bernapas.

Serangan asma menyebabkan saluran udara menyempit dan otot di sekitarnya menegang. Hal ini  membuat sulit bernapas bagi penderita asma.

Cara paling umum untuk mengobati asma adalah dengan menggunakan obat-obatan yang membuat pernapasan lebih mudah.

Tindakan yang tepat untuk mengobati asma sangat penting untuk mencegah asma menjadi parah dan mengganggu fungsi pernafasan. Jika tidak ditangani dengan baik, asma bisa berujung pada kematian.

BACA JUGA:Gondok: Mengurai Kondisi Kesehatan Tiroid dan Langkah-Langkah Cerdas untuk Pencegahan

Bakteri debu sering kali menjadi pemicu utama asma. Bakteri  yang disebut endotoksin ini banyak ditemukan pada barang-barang rumah tangga, terutama di kamar tidur, sehingga menyebabkan gejala asma. Faktor risiko lain yang  memicu asma meliputi:

1. Merokok

Merokok tidak diperbolehkan bagi pengidap penyakit asma. Besarnya bahaya yang ada pada rokok terlihat dari banyaknya senyawa yang ada pada asap tembakau.

Setidaknya ada  5.000 senyawa berbeda dalam asap saja. Beberapa di antaranya bersifat racun bagi tubuh.

BACA JUGA:Cara Diet Tanpa Olahraga: Ikuti 10 Langkah Menuju Berat Badan Ideal

Kandungan racun pada rokok dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu, senyawa dalam asap tembakau juga bersifat karsinogenik yang dapat memicu kanker.

2. Infeksi Virus

Iritasi terus-menerus pada saluran napas dan jaringan paru-paru akibat asap rokok menyebabkan saluran napas membengkak dan lembab, sehingga memudahkan bakteri atau kuman dan debu terjebak di saluran napas.

Selain itu, peradangan bisa terjadi  dan berkembang menjadi infeksi. Banyak kasus anak yang mengalami batuk  dan infeksi berulang. Setelah dicari penyebabnya, ditemukan karena orang tuanya adalah perokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber