Muncul Kutil di Kulit? Jangan Panik, Kenali Kutil dan Cara Efektif Mengatasinya

Muncul  Kutil di Kulit? Jangan Panik, Kenali Kutil dan  Cara Efektif Mengatasinya

Muncul Kutil di Kulit? Jangan Panik, Kenali Kutil dan Cara Efektif Mengatasinya--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kutil adalah tonjolan pada kulit yang disebabkan oleh penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Umumnya berukuran kecil, meski ada pula yang cukup besar.

Masalan kutil dapat muncul di berbagai bagian tubuh, seperti kaki, punggung, wajah, tangan, atau jari tangan, dan seringkali kasar saat diraba, kadang ditandai dengan titik hitam kecil. Apa yang perlu kita ketahui lebih lanjut tentang kondisi ini?

Penyebab Kutil

Masalah kesehatan kulit seperti Kutil disebabkan oleh infeksi virus, terutama human papillomavirus HPV. Lebih dari 100 jenis HPV ada, beberapa di antaranya dapat menyebabkan kutil di tangan.

BACA JUGA:Korban PHK Perusahaan Streaming Musik Spotify Kecewa Kehilangan Pekerjaan

Anak-anak dan remaja lebih rentan karena sistem daya tahan tubuh mereka belum stabil. Kutil bisa ditularkan melalui sentuhan atau kontak kulit dengan orang yang memiliki kutil.

Meski dapat mati dengan sendirinya, banyak orang memilih pengangkatan karena pertimbangan estetika atau rasa risih.

Gejala dan Diagnosis

Gejala kutil meliputi munculnya tonjolan kecil pada kulit dengan warna yang bervariasi. Perabaan tonjolan terasa kasar, dan adanya titik hitam kecil menandakan pembuluh darah tersumbat.

BACA JUGA:Hati-hati! Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil Anda, Gunakan Cara Ini Agar Aman

Diagnosis umumnya dilakukan melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Kikisan lapisan atas kutil dapat mengungkapkan titik gelap, menunjukkan sumbatan pembuluh darah.

Pengobatan Kutil

Tujuan pengobatan kutil adalah menghilangkan kutil dan merangsang daya tahan tubuh melawan virus. Pengobatan dapat berlangsung cepat atau lama, tergantung pada respons daya tahan tubuh. Pilihan pengobatan meliputi:

1. Pengobatan Peeling yang Kuat: Asam salisilat dapat diresepkan untuk mengangkat lapisan kutil sedikit demi sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber