Hati-hati! Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil Anda, Gunakan Cara Ini Agar Aman

Hati-hati! Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil Anda, Gunakan Cara Ini Agar Aman

Hati-hati! Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil Anda, Gunakan Cara Ini Agar Aman--free pik.com

BACA JUGA:Ingin Audio Mobil Lebih Bagus! Ini Cara Pasang Sistem Audio Mobil Sendiri Dengan Mudah Dan Aman

Teknik ini juga dikenal sebagai tiga titik penghentian, karena pengendara harus melakukan tiga tahap untuk berhasil berputar arah.

Hal ini disebabkan oleh keterbatasan ruang yang tidak memungkinkan pengendara untuk melakukan putaran penuh secara langsung. Teknik ini juga dikenal dengan sebutan Broken U-Turn, Y-Turn, dan K-Turn.

Menguasai teknik Three-Point Turn merupakan salah satu keterampilan dasar dalam mengemudi. Ini karena tidak semua ruang jalan yang dilalui memberikan kemudahan dan cukup lebar untuk melakukan manuver tersebut.

Jika Anda hendak menggunakan teknik ini, langkah pertama yang harus diambil adalah menempatkan kendaraan di sisi paling luar dari jalur. Ini dilakukan untuk memberikan ruang yang cukup saat melakukan manuver dengan teknik ini.

BACA JUGA:Harga Mobil Low Cost Green Car (LCGC) Terbaru Menjelang Akhir Tahun, Dimulai dari Rp 134 Juta

Sebelum menghentikan mobil, pastikan untuk memeriksa kondisi sekitar. Periksa kaca spion mobil Anda untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang mendekati atau kemungkinan menghalangi jalan orang lain.

Saat melakukan Three-Point Turn, pengendara harus menggerakkan kendaraan maju dan mundur beberapa kali.

Selama proses ini, pengendara harus memposisikan tuas transmisi pada gigi pertama. Setelah itu, putar kemudi berlawanan arah dari posisi kendaraan.

Sebagai contoh, jika kendaraan berada di jalur sebelah kiri, putar kemudi ke arah kanan. Sambil melakukan itu, injak gas secara bersamaan dengan memutar kemudi ke arah kanan.

BACA JUGA:Resah dengan Gangster, Kejari Prabumulih Siap Backup Polres Prabumulih

Setelah itu, atur kembali tuas transmisi ke gigi mundur. Setelah selesai, injak pedal gas sambil membelokkan kemudi ke arah kiri.

Atur kembali transmisi pada gigi pertama, injak gas, dan kemudian belokan kemudi ke arah kanan. Dalam memutar kemudi, pengendara dapat menggunakan teknik hand to hand.

Penting untuk diingat bahwa teknik Three-Point Turn sebaiknya hanya digunakan jika benar-benar diperlukan. Jika ada alternatif lain yang lebih praktis dan efisien, sebaiknya digunakan.

2. Teknik Berputar Balik Mobil U-Turn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber