Ini Golongan Manusia yang Ditakuti Setan dan Iblis, Seperti Apakah Mereka? Ini Penjelasanya !

Ini Golongan Manusia yang Ditakuti Setan dan Iblis, Seperti Apakah Mereka? Ini Penjelasanya !

Ini Golongan Manusia yang Ditakuti Setan dan Iblis--Foto : Freepik.com

BACA JUGA:Perspektif Islam dan Ekonomi: Bolehkah Menikahkan 2 Anak dalam 1 Tahun?


Golongan Manusia yang Takut pada Allah SWT--Foto : freepik.com/rawpixel-com

Menurut Imam Ghazali, diantara pintu-pintu itu, yang harus kita kenali yaitu pintu amarah dan syahwat, pintu dengki dan iri hati, pintu makan minum secara berlebihan, pintu cinta dunia, pintu tergesa-gesa, dan pintu buruk sangka kepada sesama umat Islam.

2. Golongan Manusia yang Alim

Dalam buku "Mutiara Hikmah Islami" karya Syamsul Rijal Hamid, disebutkan bahwa iblis lebih suka menggoda ahli ibadah daripada orang alim. Orang alim disini dimaksud sebagai mereka yang ahli fikih atau orang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang dalam.

Menurut Imam Ibnul Jauzi dalam sebuah buku Shaid al-Khatir menukil sebuah riwayat dari Ibnu Abbas, menyatakan bahwa seorang faqih lebih ditakuti setan daripada ribuan ahli ibadah yang bodoh.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Berikut Amalan Sederhana Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

3. Orang yang Mukhlas

Mengutip dari laman NU Online, menurut Praktisi Tasawuf KH M. Luqman Hakim, setan berpesta jika dapat menggoda tokoh agama karena dapat menyesatkan secara kolektif. Hanya orang yang mukhlas, yang hatinya dibersihkan oleh Allah SWT, yang tidak dapat digoda setan. Penjelasan mukhlas diterangkan dalam Al-Qur'an surah Al Hijr ayat 39-41, yang artinya:

“Dia (Iblis) berkata, "Tuhanku, karena Engkau telah menyesatkanku, sungguh aku akan menjadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka di bumi dan sungguh aku akan menyesatkan mereka semua(manusia), kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih (karena keikhlasannya) di antara mereka.".

Dengan memahami dan mengamalkan ajaran dan perintah Allah SWT dan menjaga keikhlasan hati dalam beribadah, diharapkan manusia dapat menjauhkan diri dari tipu daya setan dan iblis yang senantiasa berusaha menggoda dan menyesatkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber