Lembah Harau, Pesona ‘Desa Konoha’ yang Kian Memikat di Indonesia

Lembah Harau, Pesona ‘Desa Konoha’ yang Kian Memikat di Indonesia

Keindahan tebing-tebing batu di Lembah Harau yang mirip 'Desa Konoha'-- Foto : Tangkap [email protected]/Shutterstock/Gian1989

Keunikan Lembah Harau juga tercermin dari keberadaan enam air terjun yang memikat di kawasan ini. Antara lain, Sarasah Aie Angek, Aie Luluih, Sarasah Jambu, Akar Berayun, Sarasah Bunta, dan Sarasah Murai. Setiap air terjun memiliki karakteristiknya sendiri, mulai dari tinggi yang bervariasi hingga keunikan masing-masing.

Air Terjun Akar Berayun menjadi salah satu yang paling terkenal, dengan tinggi mencapai sekitar 200 meter. Lokasinya yang dekat dengan area parkir memudahkan para wisatawan untuk menikmati keindahan air terjun ini. Di bawah air terjun, terdapat kolam besar yang sering digunakan sebagai tempat berenang atau bermain air oleh pengunjung. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada musim kemarau, air terjun dan kolamnya mungkin mengering.

Jika Anda mencari pengalaman yang lebih tenang, Air Terjun Sarasah Murai dapat dijangkau dengan trekking selama sekitar 10 menit ke dalam area hutan. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan yang mengesankan, dengan tinggi sekitar 10-15 meter. Konon, air terjun ini dinamai Sarasah Murai karena burung murai sering singgah pada zaman dahulu.

BACA JUGA:Talempong Minangkabau dan Harmoni Pentatonik: Paduan Tradisi dan Modernitas

 

Wisata Tematik dan Keunikan Lainnya

Selain keindahan alamnya, Lembah Harau juga menawarkan wisata tematik yang menarik. Salah satunya adalah Harau Sky, sebuah destinasi yang menghadirkan waterpark, restoran, spot foto menarik, dan penginapan di tengah keindahan Lembah Harau yang eksotis.

Selain Harau Sky, terdapat pula kampung adat Minang di Kampung Sarosah, Kampung Korea Jepang, Kampung Eropa, Batang Tabik Waterpark, dan Harau Dream Park, semuanya menambah keberagaman pengalaman wisata di Lembah Harau.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjelajahi pesona alam yang memukau dan wisata tematik yang unik di Desa Konoha versi Indonesia ini? Plan perjalanan Anda sekarang dan saksikan keindahan yang menakjubkan di Lembah Harau, Sumatra Barat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf/baparekraf.