Fakta atau Mitos: Jeruk Nipis sebagai Detoks Paru dari Rokok

Fakta atau Mitos: Jeruk Nipis sebagai Detoks Paru dari Rokok

Fakta atau Mitos: Jeruk Nipis sebagai Detoks Paru dari Rokok-stevepb-pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Beberapa waktu lalu, berita mengenai manfaat jeruk nipis dalam membersihkan paru-paru perokok menjadi viral di platform Facebook. 

Dalam gambar yang diunggah, jeruk nipis disebut-sebut mampu mengurangi kadar nikotin rokok di paru-paru hingga 70,65 persen.

Pertanyaan pun muncul di kalangan banyak orang, apakah benar air jeruk nipis memiliki efek efektif dalam membersihkan nikotin di paru-paru perokok?

Namun, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menanggapi berita yang tengah viral tersebut dengan menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. 

BACA JUGA:Jeruk sebagai Pilihan Nutrisi Terbaik untuk Lansia, Ini 5 Alasan yang Perlu Diketahui

Ia menjelaskan bahwa meskipun jeruk nipis dapat membantu meredakan radang saluran napas akibat paparan asap rokok dan mengurangi produksi lendir, namun hal tersebut tidak berarti jeruk nipis mampu membersihkan nikotin di dalam organ paru.

Ia menegaskan bahwa satu-satunya cara yang paling ampuh untuk membersihkan nikotin di dalam paru-paru adalah dengan berhenti merokok.

Dr. Astrid juga menambahkan informasi bahwa paru-paru memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan atau membersihkan diri, termasuk menghilangkan nikotin. 

Setelah berhenti merokok, organ paru akan secara perlahan mengalami regenerasi, walaupun kecepatan proses tersebut bergantung pada berbagai faktor, seperti durasi merokok dan tingkat kerusakan yang terjadi.

BACA JUGA:Yuk! Kenali 4 Manfaat Kesehatan Makan Buah Jeruk dan Konsumsilah Saat Musim Hujan, Rasakan Manfaatnya

Sementara itu, terdapat informasi bahwa jeruk nipis memiliki potensi membantu individu dalam menghentikan kebiasaan merokok. 

Sebuah studi dari Journal of The Medical Association Thailand membandingkan manfaat jeruk nipis dengan permen karet nikotin dalam menurunkan keinginan merokok. 

Hasil studi tersebut melaporkan bahwa jeruk nipis mampu efektif menurunkan keinginan merokok, meskipun tidak sebaik permen karet nikotin.

Meskipun belum diketahui dengan pasti mengapa air jeruk nipis dapat membantu menahan keinginan merokok, penelitian dari International Journal of Collaborative Research on Internal Medicine and Public Health mencatat bahwa perokok umumnya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: