‘Kalau Jodoh Nggak ke Mana’, Benarkah Demikian? Ternyata Begini Menurut Islam Tentang Jodoh

‘Kalau Jodoh Nggak ke Mana’, Benarkah Demikian? Ternyata Begini Menurut Islam Tentang Jodoh

'Kalau jodoh nggak ke mana' dan pandangan Islam tentang jodoh.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bicara tentang jodoh pasti sering mendengar istilah ‘kalau jodoh nggak ke mana’, lantas benarkah demikian?

Memang benar bahwa jodoh dalam Islam itu sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan jodoh sendiri menjadi rahasia ilahi selain maut, nasib dan rezeki. 

Ungkapan ‘kalau jodoh nggak ke mana’ tersebut sesuai dengan ajaran Islam yang mengajarkan bahwa jodoh termasuk dalam takdir yang sudah tertulis di Lauhul Mahfudz seperti dalam Surat Ar-Rum ayat 21. 

Allah SWT berfirman:

BACA JUGA:Ini Pahala dan Ganjaran Menjodohkan Orang Lain Sampai Menikah dalam Islam

“Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya yaitu Ia ciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih dan sayang. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” 

Dalam riwayat hadis, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa Allah telah mencatat segala ketentuan ciptaan-Nya sebelum menciptakan langit dan bumi termasuk soal jodoh. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Allah SWT telah mencatat ketentuan-ketentuan ciptaan-Nya 50.000 tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

BACA JUGA:Menikah Tanpa Restu Orang Tua, Apakah Boleh Menurut Pandangan Islam? Simak Penjelasannya!


Jodoh dalam Islam itu sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan jodoh sendiri menjadi rahasia ilahi selain maut, nasib dan rezeki.--freepik.com/@freepik

Meskipun jodoh sudah ditetapkan oleh Allah SWT, namun, sebagai manusia harus tetap diharapkan untuk berusaha mendapatkan jodoh mereka dengan ikhtiar dan doa agar didekatkan jodoh kepadanya.

Proses ini menegaskan bahwa, meskipun jodoh telah diatur oleh Allah SWT, manusia perlu terlibat aktif dalam usaha untuk mendapatkan pasangan hidup. 

Salah satu cara yang dianjurkan dalam Islam untuk mendapatkan jodoh adalah dengan melalui proses ta'aruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber