Ini Pahala dan Ganjaran Menjodohkan Orang Lain Sampai Menikah dalam Islam

Ini Pahala dan Ganjaran Menjodohkan Orang Lain Sampai Menikah dalam Islam

Pahala dan ganjaran menjodohkan orang lain sampai menikah dalam Islam.--instagram.com/@jokiphotography

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjodohkan orang lain sampai mereka menikah dianggap sebagai tindakan yang sangat mulia dalam Islam.

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa membantu menghubungkan dua orang yang akan menikah dapat membawa pahala yang besar di mata Allah SWT. 

Di Indonesia, istilah yang digunakan untuk orang yang mempertemukan dan menjodohkan dua orang antara laki-laki dan perempuan hingga mereka berdua menikah yaitu biasa disebut dengan istilah "mak comblang". 

Perintah untuk menikahkan muslim yang masih melajang ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an, sebagaimana firman-Nya dalam Surah An-Nur ayat 32, yang artinya:

BACA JUGA:Dibangun Tahun 1913, Masjid Al-Furqon Bernilai Sejarah Perjuangan Kemerdekaan RI di OKI

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kalian, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan (rezeki) kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan sungguh Allah Maha luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” 

Islam tidak hanya menganjurkan bagi yang belum menikah untuk berusaha menikah, tetapi juga memotivasi umatnya untuk ikut menjalankan anjuran menikah tersebut.

Salah satunya dengan mencarikan atau menjodohkan pasangan bagi mereka yang belum menikah yang tentunya sesuai syariat Islam. 

Dalam Islam, menjodohkan laki-laki dan perempuan yang belum menikah untuk menikah sangat dianjurkan bahkan dijanjikan mendapat pahala yang sangat besar.

BACA JUGA:Menikah Tanpa Restu Orang Tua, Apakah Boleh Menurut Pandangan Islam? Simak Penjelasannya!


Dalam Islam, menjodohkan laki-laki dan perempuan yang belum menikah untuk menikah sangat dianjurkan bahkan dijanjikan mendapat pahala yang sangat besar.--instagram.com/@jokiphotography

Pahala menjodohkan, atau yang sering disebut sebagai "makcomblang" termasuk perbuatan terpuji dalam Islam. 

Membantu mencarikan jodoh untuk orang lain termasuk kedalam perbuatan tolong-menolong dalam kebaikan dan bahkan termasuk sebaik-baiknya pertolongan. Dalam hadits riwayat Imam Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda: 

"Sebaik-baik pertolongan adalah menjodohkan dua orang (seorang laki-laki dan perempuan) dalam pernikahan." (HR. Ibnu Majah) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber