Apakah Olahraga Meningkatkan Peluang Kehamilan? Para Ahli Memberikan Penjelasan Ini

Apakah Olahraga Meningkatkan Peluang Kehamilan? Para Ahli Memberikan Penjelasan Ini

Olahraga meningkatkan peluang kehamilan--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Berat badan yang sehat dan tingkat kebugaran meningkatkan kemungkinan sistem reproduksi berfungsi secara optimal, sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan, kata para ahli.

Olahraga berperan penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, yang secara tidak langsung mempengaruhi kemampuan untuk hamil.

Berat badan yang sehat dan tingkat kebugaran meningkatkan kemungkinan sistem reproduksi akan berfungsi secara optimal, sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan, kata para ahli.

"Olahraga teratur dan diet seimbang membantu mengatur hormon, termasuk insulin dan hormon seks seperti estrogen dan progesteron. Bagi para wanita dengan menstruasi yang tidak teratur, olahraga dapat membantu mengatur siklus dan membuat ovulasi lebih mudah diprediksi," kata Dr Pratima Tamke, konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Rumah Sakit Motherhood di Kharghar.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Memeriksa Kesehatan Saya di Rumah?


Olahraga membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh--Foto : Freepik.com

Dr Shobha Gupta, direktur medis dan spesialis kesuburan di Mothers Lap IVF Centre New Delhi dan Vrindavan, mengatakan bahwa olahraga dapat membantu:

1. Mempertahankan berat badan yang sehat

Berat badan yang kurang atau lebih dapat mempengaruhi kesuburan. Olahraga teratur membantu menjaga berat badan yang sehat, yang penting untuk kesuburan.

2. Keseimbangan hormon

BACA JUGA:‘Kalau Jodoh Nggak ke Mana’, Benarkah Demikian? Ternyata Begini Menurut Islam Tentang Jodoh

Olahraga membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berhubungan dengan ketidaksuburan.

Keseimbangan hormon sangat penting untuk siklus menstruasi dan ovulasi yang teratur, yang merupakan faktor kunci untuk pembuahan.

3. Mengurangi stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indianexpress.com