Bagaimana Cara Memeriksa Kesehatan Saya di Rumah?

Bagaimana Cara Memeriksa Kesehatan Saya di Rumah?

Bagaimana Cara Memeriksa Kesehatan Saya Di Rumah?--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perawatan kesehatan preventif dimulai dengan memantau kesehatan seseorang di rumah, tidak hanya dengan mengikuti rekomendasi dokter dan menjalani tes awal.

dr. Sudhir Kumar seorang ahli saraf di Rumah Sakit Apollo di Hyderabad, percaya bahwa meskipun sangat penting untuk mendapatkan diagnosis dokter dan beberapa tes untuk menilai kesehatan Anda.Namun beberapa pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di rumah.

''Beberapa alat penilaian klinis dapat dilakukan di rumah. Alat ini dapat memberikan petunjuk penting tentang kesehatan Anda,'' katanya dalam sebuah posting di X (sebelumnya Twitter).

Orang yang merasa pusing saat berdiri harus memeriksa tekanan darah mereka saat berdiri dan berbaring untuk menyingkirkan hipotensi postural, kata dr sudhir kumar.

BACA JUGA:Kurir Sabu Lintas Provinsi Asal Pulau Bangka Ditangkap Satres Narkoba Polrestabes Palembang

Denyut jantung istirahat: denyut jantung dapat diukur dengan jam tangan pintar. Dengan sedikit latihan, Anda juga bisa menghitung denyut nadi di pergelangan tangan Anda.

Denyut jantung istirahat yang normal adalah antara 60 dan 100 denyut/menit; semakin rendah rhr, semakin baik. Ukur detak jantung Anda secara teratur dan targetkan detak jantung yang rendah dalam kisaran normal (60-100 bpm).

Denyut nadi yang tinggi secara konsisten dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang mendasarinya, kata dr. Manjusha Agarwal, Konsultan Senior, Penyakit Dalam, Rumah Sakit Global Parel Mumbai.

Penelitian menunjukkan bahwa risiko kematian pada pria sehat meningkat 16% untuk setiap peningkatan 10 bpm pada rhr.

BACA JUGA:Hasil Pengundian Capres dan Cawapres Pemilu 2024.

Secara khusus, diamati bahwa pria dengan rhr antara 71-80 bpm memiliki kemungkinan 51% lebih besar untuk meninggal dibandingkan pria dengan rhr di bawah 50 bpm.

''Juga diamati bahwa pria dengan rhr 81-90 bpm dua kali lebih mungkin meninggal daripada pria dengan rhr 50 bpm,'' kata dr. Kumar.

Tekanan Darah : Tekanan darah dapat dengan mudah diukur dengan monitor tekanan darah digital.

Tekanan darah yang ideal adalah antara 90/60 dan 120/80 mmHg. Orang Orang dengan tekanan darah 140/90 mmHg dianggap memiliki hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber