Dianggap Sepele, Telat Ganti Oli Mobil Ternyata Bisa Sebabkan Beberapa Masalah Serius

Dianggap Sepele, Telat Ganti Oli Mobil Ternyata Bisa Sebabkan Beberapa Masalah Serius

Sering dianggap sepele, telat ganti oli mobil bisa sebabkan beberapa masalah serius.--freepik.com/@drazenzigic

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebagai salah satu alat transportasi yang populer di kalangan masyarakat, mobil mengalami penurunan kualitas dan fungsi oli seiring dengan intensitas penggunaannya, yang menuntut penggantian secara teratur. Namun, disayangkan, banyak yang acuh terhadap kebutuhan ini.

Oli atau pelumas sebagai komponen utama dalam mendukung operasional mesin suatu kendaraan, termasuk mobil, memiliki peran krusial.

Keterlambatan pemilik kendaraan dalam menjalankan proses penggantian oli berpotensi menimbulkan dampak serius, mulai dari aspek yang tampak remeh hingga yang bersifat ekstrem.

Apabila seorang pemilik kendaraan, mengabaikan jadwal penggantian oli mesin, risiko keausan mesin menjadi kenyataan akibat penurunan kualitas oli.

BACA JUGA:Servis Sepeda Motor Secara Berkala, 13 Rahasia Mesin Awet dan Prima

Keausan ini bermula dari kemungkinan adanya kotoran sisa pembakaran, dikenal sebagai 'gram', yang dapat mengendap di dalam oli mesin kendaraan bermotor.

Oli yang semula memiliki kekentalan optimal secara bertahap menjadi lebih encer dan terkontaminasi oleh partikel-partikel kotoran, menyebabkannya kehilangan kemampuannya dalam memberikan pelumasan yang optimal pada mesin mobil.

Akibatnya, muncul berbagai efek buruk. Apa saja dampak yang mungkin dihadapi? Berikut adalah beberapa konsekuensi yang harus diwaspadai ketika penggantian oli mesin tidak dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Ketika kualitas oli mesin mengalami penurunan karena tidak dilakukan penggantian secara teratur, dampaknya dapat membuat mesin kehilangan daya secara signifikan.

BACA JUGA:Mau Mobil Anda Awet ? 10 Tips ini Harus Segera Anda Lakukan


Oli atau pelumas sebagai komponen utama dalam mendukung operasional mesin suatu kendaraan, termasuk mobil.--freepik.com/@freepik

Performa kendaraan dalam berakselerasi bisa menjadi semakin berat, bahkan hingga membuat mesin tampak tidak bertenaga.

Selain itu, konsekuensi lain dari kelalaian dalam mengganti oli mesin adalah munculnya suara mengganggu dari bagian mesin.

Hal ini disebabkan oleh gesekan yang terjadi pada komponen mesin yang tidak mendapatkan pelumasan yang optimal, sehingga suara gesekan pada mesin menjadi lebih berisik dan tidak halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber