Destinasi Wisata Alam Desa Warna-Warni Burai di Kabupaten Ogan Ilir Nan Menawan Hati

Destinasi Wisata Alam Desa Warna-Warni Burai di Kabupaten Ogan Ilir Nan Menawan Hati

Destinasi wisata Desa Warna-warni Burai di Kabupaten Ogan Ilir.--instagram.com/@ekowisata_burai

OGAN IlIR, PALTV.CO.ID - Kabupaten OGAN IlIR, sebuah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terus menggali potensi destinasi wisata, terutama wisata alam yang sesuai dengan letak geografisnya.

Kabupaten Ogan Ilir ini terdiri dari dataran rendah dan rawa, dilalui oleh sungai-sungai yang menjadi daya tarik destinasi wisata alam.

Dengan letak di antara selatan dan utara Kabupaten Ogan Ilir, terdapat sebuah desa yang bernama Burai, yang kini dikenal sebagai Desa Warna-Warni Burai.

Desa ini termasuk dalam kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir. Nama "Burai" diambil dari Bumi Raja Islam, terbentuk dari perjalanan beberapa sesepuh orang Komering yang menelusuri anak sungai Ogan hingga tiba di anak sungai Desa Burai atau Desa Warna-Warni.

BACA JUGA:Ayo Camping di Hulu Sungai Ogan! Asik dan Menantang Bagi Jiwa-jiwa Petualang Alam Bebas


Rumah-rumah di Desa Burai dicat warna-warni.--instagram.com/@ekowisata_burai

Awalnya, desa ini hanya dapat diakses melalui jalan kecamatan Tanjung Batu. Namun, dengan perkembangan pembangunan komplek perkantoran Bupati di Tanjung Senai, Desa Burai kini juga dapat dijangkau melalui jalan komplek perkantoran tersebut, dengan jarak sekitar 5 kilometer dari belakang kantor bupati Ogan Ilir.

Dengan adanya jalan yang lebih cepat menuju Desa Burai, destinasi alamnya mulai menarik perhatian masyarakat, baik dari Ogan Ilir maupun luar kabupaten tersebut.

Lima tahun lalu, pemerintah kabupaten menobatkan Desa Burai sebagai Desa Warna-Warni dengan destinasi wisata alam.

Bahkan, kerjasama dilakukan dengan Pertamina EP untuk pendanaan pengembangan destinasi wisata alam di Desa Burai.

BACA JUGA:Indahnya Pemandangan Danau Ulak Lia Sekayu di Sore Hari Buat Suasana Makin Romantis


Kampung Warna-warni di Desa Burai.--instagram.com/@ekowisata_burai

Pendampingan meliputi pendirian Kampung Warna-Warni, pembangunan saung wisata, rumah galeri produk khas Burai, pembentukan kelompok sadar wisata, pendampingan kesenian tari Beumme, penyelenggaraan lomba bidar mini, dan penguatan fasilitas wisata air, termasuk pembangunan kolam renang.

Desa Burai juga memiliki potensi produk yang menarik, seperti songket asli Palbang dengan nama masing-masing seperti Purun Burai dan Kemplang Burai, yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber