4 Ciri Gejala Penyakit Asma yang Perlu Diwaspadai

4 Ciri Gejala Penyakit Asma yang Perlu Diwaspadai

Asma bisa terjadi pada saat peradangan dan akan menyempitnya saluran pernafasan.-Branimir76-Pixabay.com/Branimir76

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Asma merupakan penyakit paru-paru kronis yang tidak menular dan tidak dapat disembuhkan. Asma bisa terjadi pada saat peradangan dan akan menyempitnya saluran pernapasan.

Anda perlu waspada terhadap gejala penyakit asma. Penyakit asma bukan hanya dapat menyerang anak kecil saja. Namun, orang dewasa juga dapat mengalaminya. Oleh sebab itu, Anda jangan beranggapan bahwa tidak akan mengalami asma.

Penyakit asma bisa saja memiliki gejala tidak terlihat saat masih anak-anak, tapi mungkin akan semakin parah dengan bertambahnya usia. Setiap orang yang mengalami penyakit asma memiliki ciri-ciri yang berbeda. Berikut ini berbagai macam ciri-ciri yang dirasakan para penderita asma.

1. Sesak atau nyeri dada

BACA JUGA:Atlet Pingpong Indonesia yang Melegenda

BACA JUGA:Ini Dia Deretan Selebritis yang Memiliki Klub Sepak Bola di Indonesia

Penyempitan saluran pernapasan akibat peradangan mengakibatkan kesulitan untuk bernapas. Hal inilah yang menyebabkan muncul rasa nyeri di bagian dada, apalagi ketika pagi dan malam hari. Agar gejala penyakit asma ini dapat terkendali, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Mengi (suara siulan saat bernapas)

Mengi menjadi istilah yang mengarah pada suara tinggi yang keluar ketika sedang bernapas. Hal ini disebabkan oleh saluran pernapasan yang menyempit. Apabila Anda terus mendengar mengi pada saat bernapas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, sang dokter akan memberikan perawatan yang tepat.

3. Sesak napas

BACA JUGA:Liverpool Batal Menggelar Rencana Tur Pramusim di Amerika Serikat

BACA JUGA:Sumsel Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga 23 Desember 2023

Saluran pernapasan menjadi semakin sempit akibat peradangan. Namun seiring berjalannya waktu, penyakit asma semakin parah sampai akhirnya Anda mengalami sesak napas yang dapat mengganggu aktivitas.

Sesak napas perlu segera mendapatkan penanganan, apalagi ada gejala lain yang memperparah keadaan. Mulai dari tubuh yang semakin gelisah, tubuh menjadi lebih lesu dan lelah dari pada biasanya, sampai pada akhirnya aktivitas bernapas terasa lebih sulit dari pada biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com