Walau Telah Turun Hujan, Masih Terjadi 2 Hingga 4 Kebakaran Lahan di Ogan Ilir

Walau Telah Turun Hujan, Masih Terjadi 2 Hingga 4 Kebakaran Lahan di Ogan Ilir

Kalaksa BPBD Ogan Ilir Edi Rahmat menjelaskan walau telah turun hujan, namun masih ditemukan 2 hingga 4 kejadian kebakaran lahan, Rabu (8/11/2023).-Ahmad Romawi-Tangkapan layar youtube.com/@PaltvRedaksi

OGAN ILIR, PALTV.CO.ID - Diduga masih adanya pengaruh El Nino, cuaca panas masih dirasakan di wilayah Indralaya Kabupaten OGAN ILIR, Sumatera Selatan.

Namun, kejadian kebakaran lahan di Ogan Ilir telah jauh menurun. Semula puluhan kejadian kebakaran dalam satu hari, kini karhutla di Ogan Ilir terjadi 2 sampai 4 kebakaran lahan dengan total luas kebakaran lahan 1.308 hektare.

Hal ini dikemukakan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Ogan Ilir Edi Rahmat pada hari Rabu, 8 November 2023. Menurut Edi, dalam satu minggu ini sudah ada intensitas hujan sedang yang turun di Kabupaten Ogan Ilir.

Walaupun hujan sebentar, namun hal ini sangat berarti dan sangat menurunkan jumlah titik api dan kejadian kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Ilir dan lumayan menghilangkan kabut asap. Namun, cuaca yang panas masih menyengat wilayah Ogan Ilir pada pagi hingga sore hari.

BACA JUGA:Holiday Angkasa Wisata Melepas 433 Jemaah Umrah dengan Penerbangan Langsung dari Palembang ke Madinah

BACA JUGA:Tekan Kenaikan Harga Beras, 649 KPM Dapat Beras Bantuan Pangan Cadangan Prabumulih

BPBD Ogan Ilir mencatat, dari puluhan kejadian kebakaran lahan dalam satu hari di wilayah Ogan Ilir, saat ini hanya dua hingga empat kejadian, atau 2-4  titik api kejadian kebakaran saja yang terdata di setiap Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

Bahkan di hari Rabu, 8 November 2023 kemarin, hanya terdata satu kejadian kebakaran lahan di wilayah Desa Palu Pemulutan.

Dalam catatan BPBD Ogan Ilir, total hingga saat ini kejadian kebakaran lahan dan hutan sebanyak 338 kali dengan dengan luas lahan 1.308 hektare.

“Untuk antisipasi, sejumlah Posko Siaga Karhutla di Kabupaten Ogan Ilir masih disiagakan, melihat kondisi dalam beberapa pekan ke depan,” ungkap Kalaksa BPBD Ogan Ilir Edi Rahmat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv