Tradisi Unik Chanoyu : Keistimewaan Upacara Minum Teh di Jepang

Tradisi Unik Chanoyu : Keistimewaan Upacara Minum Teh di Jepang

Tradisi unik Chanoyu : Keistimewaan Upacara Minum Teh di Jepang--Instagram.com/@ tresyiac

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan tersebut membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

BACA JUGA:Warga PALI Pelaku Pembegalan di Jalinsum Indralaya-Prabumulih Berhasil Ditangkap Reskrim Polres Ogan Ilir

mulai dari infeksi bakteri atau virus hingga penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung, kanker, stroke, periodontal, dan osteoporosis. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan energi tubuh dan berperan sebagai detoks yang efektif dalam melawan penyakit.

Salah satu inti dari Chanoyu adalah bahwa yang paling penting bukanlah saat teh diminum, melainkan proses pembuatannya.

Selama proses pembuatan dan penyajian teh yang mematuhi aturan yang alami, orang yang terlibat dalam upacara ini diingatkan akan diri mereka sendiri, alam, perjalanan hidup mereka, asal-usul, dan tujuan mereka di masa depan.

Dalam upacara Chanoyu, ada beberapa langkah yang harus diikuti dengan cermat. Ritual ini dimulai dengan persiapan peralatan dan ruangan, diikuti oleh pemanasan air untuk teh.

BACA JUGA:Holiday Angkasa Wisata Bimbing Ratusan Jemaah Calon Umrah dalam Manasik Akbar di Graha 66 Palembang

Kemudian, teh hijau dibubuhi air panas dan dikocok dengan cermat menggunakan alat khusus yang disebut "chasen" atau "whisk" hingga menghasilkan busa halus.

Teh yang sudah jadi kemudian disajikan dengan cara yang sangat estetis kepada tamu. Pentingnya kebersamaan juga tercermin dalam Chanoyu. Upacara ini sering menjadi kesempatan untuk berkumpul dan berbicara dengan teman-teman atau rekan bisnis.

Selain itu, Chanoyu juga mengajarkan nilai-nilai seperti kesabaran, kerendahan hati, dan rasa hormat terhadap sesama. Bagi tuan rumah, upacara ini menuntut kesabaran dalam menyiapkan setiap tahapan dengan sempurna.

Bagi tamu, ini adalah pelajaran untuk menghargai dan menghormati proses serta tata cara yang telah ada sejak berabad-abad lalu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber