Nama Indonesia Dicoret dari World Superbike 2024, Bagaimana Peluang MotoGP Mandalika?

Nama Indonesia Dicoret dari World Superbike 2024, Bagaimana Peluang MotoGP Mandalika?

Nama Indonesia dicoret dari Word Superbike 2024, bagaimana peluang MotoGP Mandalika?--instagram.com/@xandra_askandar

MANDALIKA, PALTV.CO.ID - Keputusan untuk menghapus Indonesia dari kalender sementara musim WSBK 2024 telah diumumkan.

Dalam kalender sementara yang diterbitkan baru-baru ini, tidak ada jadwal balapan yang mencantumkan Sirkuit Pertamina Mandalika untuk tahun depan.

Menurut kalender sementara tersebut, musim WSBK 2024 akan terdiri dari 12 seri balapan, dengan mayoritas dari mereka diselenggarakan di Eropa.

Hanya Australia yang akan menjadi tuan rumah satu-satunya seri balapan WSBK di luar Eropa menurut jadwal sementara tersebut.

BACA JUGA:Tim SD Al Fatih Keluar Sebagi Juara Event Junior Futsal Cup 2023

Sementara itu, Indonesia, yang sebelumnya telah tiga kali menjadi tuan rumah untuk WSBK di Sirkuit Mandalika sejak 2021, kini tidak terdaftar dalam kalender tersebut.

Sebelumnya, muncul pernyataan bahwa penyelenggaraan WSBK di Mandalika merugikan secara finansial.

Dalam upaya untuk mengatasi kerugian tersebut, Holding BUMN Industri Aviasi dan Pariwisata Indonesia InJourney berencana untuk menghapus WSBK dari kalender balapan di Mandalika.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, menjelaskan bahwa kerugian terbesar bukan berasal dari MotoGP, yang mampu menutup biaya operasionalnya.

BACA JUGA:Tyson Fury Akan Menghadapi Tantangan Berat dalam Persiapan Melawan Oleksandr Usyk

Sebaliknya, WSBK menunjukkan kerugian yang sulit dihindari. Dony juga mencatat bahwa ajang balap motor superbike tersebut kesulitan menarik sponsor untuk menutup kerugian yang timbul.

Oleh karena itu, langkah yang diambil adalah melakukan negosiasi untuk menghilangkan WSBK dari kalender balapan, sehingga tidak ada biaya penyelenggaraan WSBK yang perlu ditanggung dan minat sponsor untuk event tersebut tidak terkikis.

Di sisi lain, MotoGP Mandalika masih memiliki peluang untuk berlanjut pada tahun 2024. Indonesia sudah termasuk dalam kalender sementara MotoGP musim 2024.

Dalam pengumumannya, MotoGP 2024 akan mencakup 22 balapan di 18 negara yang berbeda. Musim balapan akan dimulai di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada tanggal 8 Maret hingga 10 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber