Harga Cabai dan Sayuran di Palembang Melambung Tinggi, Rata-rata Naik 2 Kali Lipat dari Biasanya

Harga Cabai dan Sayuran di Palembang Melambung Tinggi, Rata-rata Naik 2 Kali Lipat dari Biasanya

Harga Cabai dan Sayuran di Palembang Melambung Tinggi, Rata-Rata Naik Dua Kali Lipat Dari Biasanya --koleksi paltv

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Harga Cabe di PALEMBANG Rp 70 ribu, naik dua kali lipat mulai pertengahan Oktober, membuat para ibu dan bisnis kuliner menjerit. Begitu pula harga sayur mayur di pasar tradisional beberapa kabupaten kota mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Kalau biasanya, ibu rumah tangga membeli cabai seperempat kilogram diharga Rp 9 ribu sampai Rp 10 ribu, kini harga seperempatnya jadi Rp 20 ribu alias naik dua kali lipat. 

Harga cabe merah keriting di kota Palembang terus merangkak naik. Sebelumnya harga cabai konstan di harga Rp 40 ribu perkilogram. Namun mulai pertengahan Oktober tiba-tiba naik sampai Rp 70 ribu sampai Rp 80 ribu  perkilogram.

Naiknya harga cabe ini tidak diketahui persis penyebabnya. Apakah disebabkan pasokan dikit akibat kemarau, atau tersendatnya jalur distribusi cabai. 

BACA JUGA:Layanan Kesehatan Digital Menuju Pelayanan Medis yang Lebih Baik dan Efisien

Sementara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga belum melakukan operasi pasar untuk harga cabai yang terus merangkak naik sejak awal Oktober lalu. Mirisnya kenaikan ini terjadi tiba-tiba dan tidak terjadi secara bertahap.

Selain harga cabai, kenaikan juga terjadi untuk semua jenis sayuran. Kol, kacang panjang, sawi, terong, buncis, kentang wortel harganya sudah di atas Rp 15 rb perkilogram. Bahkan harga buncis mencapai Rp 30 ribu perkilogram

Para ibu rumah tangga, masih bisa bernafas lega karena harga bawang merah sudah bertahan murah selama 3 bulan terkahir. Yakni rata-rata Rp 20 ribu perkilogram

Harga bawang merah ini termasuk yang paling murah selama beberapa tahun terakhir. Tidak bisa dibayangkan, kalau harga bawang merah ikutan naik.

BACA JUGA:5 Koleksi Mobil Mewah Youtuber Atta Halilintar, Harganya Paling Mahal 20 Milliar

Sebab, naiknya dua kali lipat dari harga biasa ini tentu saja mengejutkan iburumah tangga. Biasanya kenaikan harga bertahap, tidak naik tiba-tiba dua kali lipat.

Kedatangan Presiden RI Jokowi ke Palembang (25/10), presiden akan mencarikan solusi mengenai harga cabai di kota Palembang. ‘’Nanti akan dicarikan solusi mengenai harga cabai ini,’’ kata Jokowi ketika mengunjungi pasar Sekip Palembang.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menyebut angka inflasi di Sumsel cukup baik di angka 2,28 persen. Sementara, untuk harga kebutuhan pokok beras, dinilai presiden masih tahap wajar. Yakni untuk beras kualitas biasa di harga Rp 54 ribu per 5 kilogram.

Kenaikan harga cabai kalau tidak di stabilkan akan menyebabkan inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber