Tips dan Trik Memperbaiki Aki Kering Kendaraan yang Rusak atau Soak

Tips dan Trik Memperbaiki Aki Kering Kendaraan yang Rusak atau Soak

Tips dan Trik Memperbaiki Aki Kering Kendaraan yang Rusak atau Soak -- GrodOto.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bicara tentang aki motor, tentu kita para sahabat otomotif sangatlah penting untuk memahami beberapa jenis aki yang ada pada motor. Aki sendiri merupakan komponen yang penting pada kendaraan.

Tanpa adanya Aki ini, komponen mesin pads kendaraan tidak akan berjalan normal. Karena aki merupakan sumber tenaga listrik yang ada pada kendaraan. Penting bagi kita memahami bagaimana cara memperbaiki aki pada saat mengalami kendala.

Aki atau Accumulator menjadi satu-satunya sumber listrik pada kendaraan. Aki terbagi menjadi dua yaitu aki kering dan aki basah. Untuk mengatasi kendala saat terjadinya masalah pada aki berikut penjelasan selengkapnya cara mempervaiki aki yang bermasalah. 

1. Cara memperbaiki aki kering yang mati atau soak

Memperbaiki aki kering yang soak tentu tidak semua orang mengetahuinya, orang beranggapan bila aki kering yang soak tidak bisa diperbaiki lagi. Padahal cara ampuh yang dipakai untuk memperbaikinya sangatlah simpel, aki dapat terlihat seperti baru lagi dengan cara berikut ini. 

BACA JUGA:Sering Tidur Dekat HP? Nih, Bahaya Radiasi HP Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Manfaat Putri Malu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Siapkan alat dan bahan :

1) Obeng minus, dipakai untuk membuka penutup aki

2) Cairan untuk mengisi ulang baterai basah dan kering (zuur), untuk mengisi ulang baterai baru, bukan untuk mengisi ulang ya, 

3) Kain, untuk mengelap cairan yang menetes atau jatuh pada bagian yang tidak diinginkan, 3) Jarum suntik atau jarum suntik tinta printer, yaitu untuk memasukkan air baterai ke dalamkotak tempat baterai kering, dan Terakhir, 

4) lem plastik atau pita perekat, alat ini berguna untuk merekatkan kembali penutup baterai. 2. Melepas aki untuk diperbaiki Setelah menyiapkan alat dan bahan, anda harus melepas aki terlebih dahulu dari mobil atau motor. 

Tutorial memperbaiki aki soak :

1. Caranya adalah dengan melepas anoda (+) terlebih dahulu. Hal ini agar tidak sengaja menjatuhkan kunci pada kendaraan dan menghindari munculnya percikan api akibat kontaklogam dan kutub negatif (-). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber