Manfaat Putri Malu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Putri Malu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Putri Malu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui--wikipedia.org

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa dari kita yang tidak mengenal tanaman putri malu? Tanaman yang apabila tersenggol atau tersentuh sedikit saja maka akan menguncup atau layu ini banyak dikenal orang-orang sebagai tanaman liar yang mengganggu. Tanaman ini memiliki nama latin yaitu Mimosa Pudica. Tanaman putri malu terdiri dari akar, batang, daun, serta bunga yang berwarna merah muda.

Tanaman ini banyak mewarnai masa kanak-kanak karena apabila menemukan tanaman tersebut, maka tangan akan geram ingin menyentuhnya karena keunikan daunnya yang dapat layu atau menguncup. Namun, apakah kalian tahu kalau tanaman putri malu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Cara mengolah tanaman tersebut pun cukup gampang, kalian hanya perlu memetik beberapa batang daun putri malu lalu kalian cuci hingga bersih. Setelah bersih kalian dapat merebusnya dengan air hingga warna airnya berubah.Lalu, air dari rebusan putri malu ini dapat kalian minum secara rutin.

Manfaat tanaman putri malu bagi kesehatan:

1. Mengatasi gondongan

Gondongan sendiri merupakan salah satu penyakit dimana penderitanya mengalami pembengkakan di bagian bawah wajah dekat telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Gondongan ini memang dapat sembuh sendiri, namun dengan mengonsumsi rebusan putri malu maka dapat mempercepat pertumbuhan gondongan ini karena kandungan anti virus didalamnya.

BACA JUGA:Inilah 7 Kamen Rider Legendaris dan Alur Ceritanya

BACA JUGA:Jangan Dijilat! Ini Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering

2. Mengatasi masalah pencernaan

Air rebusan putri malu pun dapat mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan termasuk penyakit maag atau tukak lambung. Ekstrak dari tanaman putri malu akan berperan sebagai antasida alami yang dianggap mampu menetralkan asam lambung serta menghilangkan rasa sakit dan rasa yang tidak nyaman di lambung.

3. Mencegah penyakit kronis

Didalam putri malu mengandung flavonoid yang sifatnya sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Flavonoid pun dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit degeneratif, antaranya adalah penyakit jantung koroner, alzheimer, hingga kanker.

Walaupun banyak manfaat bagi tubuh, kalian juga harus membatasi konsumsi rebusan tanaman putri malu ini karena apabila dikonsumsi berlebihan akan berakibat fatal, menyebabkan keracunan hingga muntah-muntah. Lalu, rebusan putri malu pun tidak boleh dikonsumsi wanita hamil dan wanita yang sedang menyusui.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber