Sering Tidur Dekat HP? Nih, Bahaya Radiasi HP Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Tidur Dekat HP? Nih, Bahaya Radiasi HP Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Tidur Dekat Hp? Nih, Bahaya Radiasi HP Bagi Kesehatan Tubuh--Ners.unair.ac.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Handphone atau yang biasa kita dengar dengan istilah telephone genggam dan telepon seluler merupakan sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan khususnya sama persis jika dibandingkan dengan telepn konvensional saluran tetap, bedanya telephone genggam atau hp ini lebih mudah jika dibawa kemana-mana.

Handphone ini tidak hanya berfungsi untuk mempermudah dan memperlancar komunikasi, tetapi juga handphone bisa digunakan untuk membantu seseorang ketika ingin berbelanja, membantu pekerjaan, ataupun digunakan sekedar sebagai hiburan yang biasanya tidak jauh dari semua aktivitas manusia.

Telephone genggam atau Hp ini tentu saja pada era sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang, hp juga sudah menjadi ketergantungan atau adiksi bagi para pemakainya. Tidak jarang, sebagian besar orang meletakkkan Hp mereka di bawah bantal saat akan tidur. Padahal nyatanya tidur di dekat ponsel ini memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Adapun dampak buruk yang muncul atau resiko paparan radiasi Hp yang berlebihan bisa menyebabkan efek yang tidak baik bagi Kesehatan tubuh antara lain:

BACA JUGA:Manfaat Putri Malu bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Inilah 7 Kamen Rider Legendaris dan Alur Ceritanya

Merusak Konsentrasi

Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan ketika memainkan handphone atau telephone genggam ini bisa menyebabkan aliran darah yang dihasilkan tubuh tidak begitu maksimal, karena aliran darah yang kurang maksimal tadi pada akhirnya menyebabkan kalian menjadi kurang konsentrasi dan sering gagal focus.

Menurunkan Kualitas Tidur

Bahaya radiasi elektromagnetik atau radiasi handphone ini jika kita terlalu berlebihan terpapar ialah dapat Menurunkan Kualitas Tidur. Hal ini disebabkan oleh ketika kita menggunakan handphone menjelang tidur, cahaya atau radiasi dari handphone tersebut dapat merangsang psikologi maupun fisiologi yang nantinya bisa menyebabkan seseorang sulit untuk tidur.

Meningkatkan Risiko Kanker

Dampak buruk yang timbul akibat terlalu berlebihan terpapar cahaya elektromagnetik atau radiasi handphone selanjutnya yaitu meningkatnya resiko terserang penyakit mematikan seperti kanker. Paparan dari sinar atau radiasi tinggi tersebut bersifat karsinogenetik yang nantinya bisa menyebabkan terpengaruhnya susunan saraf manusia, karena terpengaruhnya susunan saraf tersebut nantinya bisa menyebabkan tumor ataupun kanker.

Menyebabkan Sakit Kepala

Radiasi yang dihasilkan oleh handphone dapat menyebabkan sakit kepala terutama bagi orang yang terlalu sensitif dengan gelombang Rf yang dihasilkan oleh handphone tersebut. Pancaran gelombang RF tersebut nantinya bisa menyebabkan seseorang mengalami mual-mual, pusing, sakit kepala, bahkan tidak jarang seseorang sampai muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: yankes.kemkes.go.id