Gerd Kambuh! Adakah Hubungan Refluks Asam Lambung Dengan Konsumsi Jeruk

Gerd Kambuh! Adakah Hubungan Refluks Asam Lambung  Dengan Konsumsi Jeruk

Gerd Kambuh! Adakah Hubungan Refluks Asam Lambung Dengan Konsumsi Jeruk--free pik.com

Selain asam sitrat dalam jeruk, pola makan juga memainkan peran penting dalam memicu refluks asam.

BACA JUGA:5 Variasi Rempeyek Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Misalnya, melewatkan sarapan, makan makanan pedas secara berlebihan, makan sebelum tidur, dan minum minuman berkafein dapat semua berkontribusi pada peningkatan risiko refluks asam. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebiasaan makan Anda.

Asam Sitrat: Tidak Hanya di Jeruk

Meskipun jeruk dikenal karena kandungan asam sitratnya yang tinggi, zat ini sebenarnya dapat ditemukan di banyak buah dan produk makanan lainnya.

Selain jeruk, buah beri juga mengandung asam sitrat dalam jumlah yang signifikan.

BACA JUGA:Penting Diketahui! Perubahan Gaya Hidup Dapat Mencegah Pradiabetes Berkembang Menjadi Diabetes Tipe 2.

Tidak hanya itu, asam sitrat sering ditambahkan ke berbagai produk makanan dan minuman untuk memberikan rasa yang segar dan mengawetkan makanan. Beberapa contoh produk yang mengandung asam sitrat termasuk minuman ringan, jus kemasan, dan permen.

Gejala Refluks Asam dan GERD

 Nyeri ulu hati (heartburn),  Nyeri dada, sensasi tersangkutnya makanan di tenggorokan, kesulitan menelan, sakit perut dan suara serak.

Selain itu sakit tenggorokan, batuk kering, cegukan, bau mulut, gangguan pernapasan, kembung, bersendawa, mual, muntah (mungkin mengandung darah).

BACA JUGA:Mobil Listrik Nissan Hyper Adventure Menggabungkan Teknologi Ramah Lingkungan dan Kenyamanan Aktivitas Outdoor

Gerd juga dapat menimbulkan kotoran berdarah atau berwarna hitam, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan erosi gigi.

Refluks asam dan GERD terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah melemah atau rileks, sehingga memungkinkan isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menjadi sangat mengganggu dan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Mengelola Refluks Asam dan Konsumsi Jeruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber