Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres OKU Selatan Rutin Gelar Patroli Presisi Karhutla

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres OKU Selatan Rutin Gelar Patroli Presisi Karhutla

Cegah karhutla, Kapolres OKU Selatan bersama PJU melakukan Patroli Presisi Karhutla, Selasa (10/10/2023).--Dokumentasi Humas Polres OKU Selatan

OKU SELATAN, PALTV.CO.ID - Polres OKU Selatan menyatakan keseriusan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau yang berkepanjangan tahun ini.

Berdasarkan data pihak kepolisian, di Kabupaten OKU Selatan terdapat beberapa titik api berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang tersebar di beberapa Kecamatan.

Adapun Kecamatan yang dimaksud yakni Kecamatan Muaradua, Kecamatan Simpang, Kecamatan Banding Agung, Kecamatan Buay Sandang Aji, Kecamatan Buay Pemaca, dan Kecamatan Sungai Are.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan lebih luas lagi jajaran Polres OKU Selatan giat melakukan sosialisasi pencegahan karhutla, salah satunya di Kecamatan Sungai Are.

BACA JUGA:Ria Ricis Youtuber Asal Palembang Rilis Album Duet Bareng Suami

Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho didampingi Kasi, Kasat dan para PJU Polres OKU Selatan turun langsung ke lapangan menuju Desa yang berbatasan dengan Provinsi Bengkulu, yakni Desa Sadau Jaya Kecamatan Sungai Are.

Kapolres OKU Selatan dan jajaran juga meninjau Mapolsek Pulau Beringin. Kemudian dilanjutkan dengan mengendarai sepeda motor trail menuju ke rumah Kepala Desa Sadau Jaya di Kecamatan Sungai Are. Dari sini, Kapolres OKU Selatan dan jajaran melakukan Patroli Presisi Karhutla.

Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho melalui Kabag OPS Polres OKU Selatan Kompol M Ginting mengatakan, Patroli Presisi Karhutla yang dilakukan Kapolres beserta jajaran diintensifkan di daerah-daerah yang dianggap rawan terjadinya karhutla.

"Patroli dialogis ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polres OKU Selatan dalam mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terutama dalam kondisi cuaca yang kering atau musim kemarau ini," jelas Kabag OPS Kompol M Ginting pada hari Selasa, 10 Oktober 2023.

BACA JUGA:Pedophobia atau Ketakutan yang Tak Wajar terhadap Anak-Anak, Balita, dan Bayi


Sebelum Patroli Presisi Karhutla, Kapolres dan jajaran mampir ke rumah Kepala Desa Sadau Jaya di Kecamatan Sungai Are, Selasa (10/10/2023).--Dokumentasi Humas Polres OKU Selatan

Pada kesempatan itu, ujar Kompol M Ginting, Kapolres OKU Selatan juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

Kebakaran hutan bukan hanya merusak lingkungan, namun menurut Kabag Ops Polres OKU Selatan juga membahayakan keselamatan, kesehatan, dan menimbulkan kerugian ekonomi yang besar bagi masyarakat.

"Oleh karena itu, kami jajaran Polres OKU Selatan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber