Meski Musim Kemarau, Petani Semangka di Banyuasin Bahagia Masih Bisa Panen 6 Ton

Meski Musim Kemarau, Petani Semangka di Banyuasin Bahagia Masih Bisa Panen 6 Ton

Ada rasa bahagia dan haru di hati Sambari. Saat memanen, ia dibantu sesama petani, Sabtu (7/10/2023).-Suryadi-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Sangat menggembirakan ketika tanaman dapat tumbuh, meski tidak sesuai dengan yang diharapkan. Di lahan seluas tiga perempat hektare dapat menghasilkan sekitar 6 ton buah semangka.

Tanaman semangka di lahan seluas tiga perempat hektare ini sebetulnya membutuhkan air cukup banyak untuk pertumbuhan. Namun, musim kemarau membuat petani harus bersabar dalam merawat dan penyiraman secukupnya.

Seperti Sambari, petani semangka warga Kelurahan Tanjung Lago Kecamatan Tanjung lago Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Berkat kesabarannya merawat, Sambari berhasil memanen buah semangka, walau dalam keadaan kemarau panjang.

BACA JUGA:Direktur Utama Sumeks Group Ucapkan Selamat Kepada Dekan FH Unsri Dikukuhkan Jadi Guru Besar


Sambari bahagia, kebun miliknya masih bisa panen 6 ton semangka meski di musim kemarau, Sabtu (7/10/2023).-Suryadi-PALTV

Tanaman semangka dengan rumput sebagai pelindung panas di lahan seluas tiga perempat hektare, masih dapat tumbuh dan menghaslkan buah.

Tak sia-sia Sambari menunggu dan bersabar selama 60 hari. Saat panen tiba, Sambari mendapatkan hasil sekitar 6 ton semangka, dengan harga jual Rp3.000 per kilogram. Sedangkan satu buah semangka dapat mencapai 4 hingga 5 kilogram beratnya.

Ada rasa bahagia dan haru di hati Sambari. Saat panen, Sambari dibantu sesama petani untuk memanen semangka miliknya. Sambari sangat gembira.

Hasil tanaman semangka miliknya masih dapat dipanen walau tidak sesuai dengan harapan. Semangka jenis non biji dapat tumbuh dan menghasilkan buah, meski dalam kondisi musim kemarau.

BACA JUGA:Bansos Beras 30 Kg Cair Hari ini, Penerima BPNT dan PKH, Pastikan Anda Termasuk

"Saya merasa bahagia, tapi sebenarnya ini bukan yang kami harapkan, walaupun tetap panen buah semangka," ucap Sambari.

Buah semangka yang dipanen tidak normal tumbuhnya, karena airnya kurang. Biasanya, hasil buah yang didapat sangat bagus dan lumayan banyak hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv