Kapolda Sumsel Minta Agar Perusahaan di OKI Buat Embung, Agar Pemadaman Karhutlah Via Udara Terbantu

Kapolda Sumsel Minta Agar Perusahaan di OKI Buat Embung, Agar Pemadaman Karhutlah Via Udara Terbantu

Kapolda Sumsel Minta Agar Perusahaan Di OKI Buat Embung,Agar Pemadaman Karhutlah Via Udara Terbantu--Foto : Novan Wijaya - PALTV

OKI, PALTV.CO.ID - Kapolda Sumatera Selatan Irjenpol Albertus Rahmad Wibowo melakukan kunjungan kelokasi Karhutlah Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI Kemarin (5/10/2023).

Kapolda meminta agar perusahaan setempat membuat skat kanal dan Embung agar helikopter WATERBOOMING terbantu sumber airnya saat lakukan pemadaman via udara.

Berdasarkan dari data pantauan satelit udara,Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi salah satu kawasan terbanyak yang lahan nya terbakar.

Selain melakukan himbauan larangan membakar hutan dan lahan bersama masyarakat dan pemerintah setempat, juga diminta agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi di OKI untuk ikut membantu upayah penanggulangan kebakaran lahan, salah satunya dengan membuat sakat kanal dan Embung air agar Pemadaman oleh helikopter WATERBOOMING terbantu.

BACA JUGA:Cuaca Panas Ekstrem Ancam Sumsel Sampai 10 Hari ke Depan


Kapolda Sumatera Selatan Irjenpol Albertus Rahmad Wibowo melakukan kunjungan kelokasi Karhutlah Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI--Foto : Novan Wijaya - PALTV

Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo menyampaikan,upayah penanganan pemadaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan termasuk via udara namun masih terkendala sumber air yang mulai sulit.

"Kita minta perusahaan yang ada di OKI untuk membuat Embung agar bisa menyuplai sumber air yang nantinya helikopter WATERBOOMING bisa diarahkan saat pemadaman diudara dilakukan.

Karena jam terbangnya terbatas maka helikopter ini harus terarah saat mengambil sumber air" terang Kapolda Sumsel.

Kapolda menambahkan bahwa sudah lakukan pertemuan secara intens bersama tokoh masyarakat dan pemerintah kecamatan dan desa, untuk selalu menghimbau larangan membuka lahan dengan cara dibakar.

BACA JUGA:Pemkab Muba Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan KDRT

"Kita masih terus menghimbau agar jangan sampai ada yang dengan sengaja membakar lahan,jika ada maka akan ditindak tegas. Sampai saat ini pasukan Brimob dan Samapta juga masih diperbantukan untuk pemadaman dan patroli darat, untuk mengoptimalkan penanggulangan karhutlah di Kabupaten OKI' ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id