Cuaca Panas Ekstrem Ancam Sumsel Sampai 10 Hari ke Depan

Cuaca Panas Ekstrem Ancam Sumsel Sampai 10 Hari ke Depan

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel Wan Dayantolis mengatakan cuaca ekstrem berupa hari tanpa hujan (HTH) diperkirakan akan berlangsung hingga 10 hari ke depan, Jum'at (6/10/2023).-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca ekstrem di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah berlangsung selama 30 hari.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel Wan Dayantolis di Palembang pada hari Jumat, 6 Oktober 2023 mengatakan, cuaca ekstrem tersebut berupa hari tanpa hujan (HTH) dan diperkirakan akan berlangsung hingga 10 hari ke depan di wilayah ini.

Wan Dayantolis mengatakan tujuh wilayah yang tidak terjadi hujan meliputi Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, dan OKU Selatan.

Ia menambahkan, kondisi tersebut dikhawatirkan membuat kabut asap yang mengepung Kota Palembang masih berpotensi terjadi.

BACA JUGA:ISPU Berfluktuasi, Pemkot Palembang Kucurkan BTT Rp6 Miliar

BACA JUGA:Pemkab Muba Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan KDRT

"Sementara musim hujan di Sumsel baru akan terjadi diperkirakan tanggal 20 Oktober kedepan," kata Wan Dayantolis.

Akan tetapi ia menerangkan, musim hujan yang terjadi memasuki periode 20 Oktober 2023 ke depan hanya terjadi di wilayah barat Sumsel seperti Musi Rawas dan Lubuk Linggau.

Namun untuk wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) yang merupakan wilayah paling banyak terjadi karhutla baru akan terjadi pada pertengahan bulan November 2023.

"OKI pertengahan November baru musim hujan, jadi kabut asap karhutla tetap terjadi di Kota Palembang yang dikirim oleh karhutla OKI. Namun dimasa itu hujan bisa saja terjadi di OKI meski belum masuk musim hujan," katanya.

BACA JUGA:Pelajar SMA Negeri 3 Banyuasin Kunjungi Studio 2 PALTV, Melihat dan Belajar Proses Produksi Televisi

BACA JUGA:Mulai Oktober! BI Berikan Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial ke Perbankan Pemberi Kredit Rumah

Ia menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan menggunakan masker serta kacamata apabila diharuskan beraktivitas di luar rumah atau ruangan, karena kondisi asap pekat masih ada.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv