Beberapa Cara Ampuh Menahan Lapar Ketika Puasa

Beberapa Cara Ampuh Menahan Lapar Ketika Puasa

Ilustrasi menahan rasa lapar dan haus.-Peggy_Marco-pixabay.com/Peggy_Marco

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Secara sederhana puasa adalah menahan haus dan lapar. Hal tersebut terjadi ketika perut yang tadinya terisi berbagai jenis makanan dan minuman secara rutin, seketika tidak menerima asupan selama lebih dari 12 jam. Biasanya, rasa lapar dan haus ini akan terjadi pada saat waktu makan siang tiba.

Ketika Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman, efek yang ditimbulkan ialah tubuh menjadi lemas dan membuatmu malas beraktivitas. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak kekurangan nutrisi. Berikut beberapa tips supaya kuat menjalani puasa yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak makanan yang tinggi cairan

Ketika puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Kebanyakan orang sering lupa untuk memenuhinya kembali ketika berbuka. Padahal, asupan cairan juga sangat penting untuk mencegah tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Dalam satu harinya Anda tetap harus minum minimal sebanyak delapan gelas. Supaya tidak mudah kembung, Anda harus mengatur jadwalnya. Tiga gelas pada saat sahur dan berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

BACA JUGA:5 Alasan Gim Resident Evil 4 Remake Patut Kalian Mainkan

BACA JUGA:Garena Akan Tutup Free Fire Max Bulan Ini, Simak Penjelasannya!

Selain itu, sebaiknya Anda harus kurangi konsumsi kopi. Kandungan kafein di dalam kopi akan membuat Anda lebih mudah menjadi haus. Anda juga bisa memilih makanan yang tinggi kandungan airnya agar mampu memberikan nutrisi sekaligus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda.

2. Berbuka dengan yang manis

Tips agar kuat puasa satu ini berhubungan dengan saat berbuka. Saat mendekati waktu berbuka, tidak heran jika Anda jadi lapar mata. Seluruh makanan akan terlihat lezat di mata. Yang kerap kali terjadi ialah Anda langsung menyantap segelas es teh manis bersama sepiring gorengan. Padahal, lambung butuh penyesuaian setelah tidak bekerja selama berjam-jam.

Sebaiknya, mengawali waktu berbuka dengan meminum teh tawar atau air putih hangat terlebih dahulu untuk membasahi lambung, sampai lambung kembali siap bekerja. Makanan manis memang dianjurkan sebagai menu berbuka, karena tubuh memerlukan asupan gula sebagai pengganti gula darah yang terpakai selama Anda berpuasa.

BACA JUGA:Lakers Pensiunkan Jersey Pau Gasol dengan Nomor Punggung 16

BACA JUGA:Julukan Unik ini Disematkan pada 5 Pebulu Tangkis Indonesia

3. Hindari terlalu banyak karbohidrat

Bagi sebagian orang berpikir bahwa mengonsumsi karbohidrat berlebihan dapat memberikan rasa kenyang. Hal tersebut memang benar, namun rasa kenyang yang diperoleh hanya bersifat sementara. Ketika terlalu banyak karbohidrat, justru tubuh akan mengalami lonjakan gula secara tiba-tiba dan akan menurun secara cepat. Alhasil, tubuh akan lebih cepat menjadi lemas dan kekurangan energi saat tengah hari.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber