Kualitas Udara di Muba Masuk Kategori Tidak Sehat, Tim Gabungan Bagikan Ratusan Masker kepada Warga

Kualitas Udara di Muba Masuk Kategori Tidak Sehat, Tim Gabungan Bagikan Ratusan Masker kepada Warga

Tim Gabungan bagikan ratusan masker kepada warga dan pengendara yang beraktivitas di luar ruangan di Bunderan Tugu Bintang Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (4/10/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menghadapi situasi kualitas udara ke dalam kategori "Tidak Sehat" dalam satu minggu terakhir, sebagaimana diumumkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muba.

Jika indikator berwarna kuning, ini adalah pertanda bahwa tingkat pencemaran udara telah mencapai tingkat yang tidak sehat, akibat kabut asap yang semakin pekat, terutama pada malam dan pagi hari, menjadi penyebabnya.

Sri Fatwa, Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Dampak Lingkungan DLH Muba, memberikan komentar terkait situasi ini.

"Kualitas udara di Musi Banyuasin, khususnya di Kota Sekayu, telah masuk ke dalam kategori 'Kurang Sehat’. Partikel mikro seperti PM 2,5 dan PM 10 yang ada di udara saat ini mencapai tingkat yang sangat tinggi, mencapai angka 171. Hal ini melebihi ambang batas yang aman dan berpotensi merugikan kesehatan manusia, terutama bagi warga yang rentan terhadap gangguan pernapasan," jelas Sri Fatwa saat diwawancaraI jurnalis PALTV pada hari Rabu, 4 Oktober 2023.

BACA JUGA:Diduga Terkena Ledakan Selongsong Amunisi Peluru, 4 Warga OKU Timur Dilarikan ke Rumah Sakit

BACA JUGA:PALTV Jalin Kerja Sama dengan Travel Umrah PT Sriwijaya Mega Wisata


Selain di jalan, Tim Gabungan juga membagikan masker ke sekolah-sekolah di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (4/10/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

Sementara itu, Pathi Riduan, Kepala Bidang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, menyoroti peningkatan titik hotspot di Musi Banyuasin, meskipun dalam kondisi fluktuatif.

Dalam satu minggu terakhir, kebakaran hutan dan lahan di Muba dan sekitarnya telah menimbulkan kabut asap yang berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat.


Kabid Pelayanan Kesehatan Dineks Muba, Yettria, mengenakan masker kepada warga yang melintas di Bunderan Tugu Bintang Kota Sekayu, Rabu (4/10/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

Oleh karena itu, pihaknya bersama tim gabungan dari BPBD, Dinas Kesehatan, TNI-POLRI, Dinas Perhubungan, dan DLH Kabupaten Muba, bergerak cepat dengan membagikan ratusan masker kepada masyarakat dan pengendara yang beraktivitas di luar ruangan di Bunderan Tugu Bintang Kota Sekayu.

Pathi Riduan menegaskan pentingnya kolaborasi dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi situasi ini.

BACA JUGA:DPRD Kota Palembang Sambut Baik dan Kawal RUU ASN 2023

BACA JUGA:Asap Kiriman Perparah Kualitas Udara Prabumulih, Warga Diminta Kenakan Masker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv