Kemarau Picu Kekeringan dan Karhutlah, Polres OKU Selatan Lakukan Sholat Istighosah

Kemarau Picu Kekeringan dan Karhutlah, Polres OKU Selatan Lakukan Sholat Istighosah

Suasana Sholat Istighosah di lapangan Mapolres OKU Selatan berjalan dengan khusuk-Foto/Sri Fitriyana-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Jajaran Polres OKU Selatan, bersama-sama dengan masyarakat, telah melaksanakan Salat Istisqa di lapangan Mapolres pada Jumat, 15 September 2023.

Setelah Salat, mereka juga melakukan doa bersama untuk memohon turunnya hujan selama musim kemarau tahun 2023.

Salat Istisqa, yang dipimpin oleh Ustad Masruhin S.Ag, Kepala KUA BPR Ranau Tengah, berlangsung dengan penuh khushu' oleh semua peserta.

Dalam khutbahnya, Masruhin mengajak semua orang untuk bertaubat, melakukan introspeksi diri, memohon ampun atas segala dosa, dan lebih banyak istighfar agar hujan turun.

BACA JUGA:Pengamat Hukum: Polda Sumsel Harus Gerak Cepat Jemput Bola Kasus FEC

"Salat dan doa harapan kami agar Allah SWT mengabulkan kebutuhan umat-Nyaselama musim kemarau ini, sehingga hujan akan memberi berkah dan menyuburkan semua tumbuhan," katanya.

Sementara itu, Kapolres OKU Selatan, AKBP Listiyono Dwi Nugroho, mengungkapkan bahwa musim kemarau yang dipengaruhi oleh fenomena El Nino telah menyebabkan berbagai musibah, seperti kebakaran hutan dan lahan, serta kekurangan air bersih di sebagian wilayah provinsi Sumsel.

"Kemarau saat ini telah berdampak pada masyarakat, mulai dari kebakaran hutan dan lahan, kekurangan air bersih, hingga mempengaruhi hasil produksi petani," jelas Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa Salat Istighosah dan doa bersama ini adalah salah satu upaya yang diambil oleh jajaran Kepolisian, khususnya Polda Sumsel, dalam menghadapi musim kemarau tahun ini.

BACA JUGA:Ungkap Misteri Mayat Tanpa Kepala di Pantai Lampung, Simak Hasil Otopsi dan Ciri Korban

"Kami telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi musim kemarau tahun ini, mulai dari sudut pandang yang beragam, interaksi, mitigasi, hingga Salat Istighosah dan doa bersama yang diadakan secara serentak di seluruh Polres di bawah Polda Sumsel," katanya.


Suasana Sholat Istighosah di lapangan Mapolres OKU Selatan berjalan dengan khusuk-Foto/Sri Fitriyana-PALTV

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa Salat dan doa bersama ini dimaksudkan untuk memohon pertolongan dari Allah SWT agar Provinsi Sumsel, khususnya Kabupaten OKU Selatan, senantiasa diberikan kedamaian.

"Kami berharap apa yang kami lakukan hari ini akan membawa hikmah dan akan dikabulkan oleh Allah SWT," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber