Takut Investasi Karena Efek Riba, Ikut Investasi Danareksa Syariah yang Sesuai Syariat Islam

Takut Investasi Karena Efek Riba, Ikut Investasi Danareksa Syariah yang  Sesuai Syariat Islam

Takut Investasi Karena Efek Riba, Ikut Investasi Danareksa Syariah Yang Sesuai Syariat Islam--instagram.com/@ksei.official

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kalau selama ini kita tahu bank-bank syariah, jika takut dengan investasi yang memiliki efek riba, investasi reksadana ada juga yang berbasis syariah, disebut reksadana syariah.

Tentu saja, tagline dari apapun berbasis syariah identik dengan bebas riba dan sesuai dengan syariat Islam. Termasuk juga reksadana syariah.

Disebut reksadana syariah karena penghimpunan dana masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan pada efek yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah.

Seperti layaknya reksadana konvensional, reksadana syariah juga mengelola dana investor untuk disalurkan dalam bentuk surat berharga. Seperti obligasi, sukuk dan surat saham.

BACA JUGA:Pertamax Green 92: Singkirkan Pertalite dengan Tingkat Oktan Lebih Tinggi

Bagaimana investasi danaraksa syariah?. Manager Investasi (MI) akan memilih jenis investasi yang terdapat dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Uniknya, keuntungan yang didapat dari investor reksadana syariah ini akan ada sistim yang membersihkan kekayaan yang berasal dari dana non halal. 

Perbedaan signifikan dari perbedaan reksadana konvensional dan syariah terletak pada pembagian keuntungan. 

- Reksadana konvensional, membagikan keuntungan antara investor dan MI berdasarkan nilai perkembangan suku bunga.

BACA JUGA:Jeritan Petani Padi di Kota Pagar Alam: Jangankan Padi, Kalau Begini Kami Juga Bisa Mati!

- Sementara reksadana syariah, membagikan keuntungan antara investor dan MI berdasarkan aturan syariat Islam dan persetujuan bersama.

Untuk setiap jumlah dana investasi di danareksa syariah, total investasi akan diletakkan sebanyak 80 persen pada saham syariah dan sisanya yang 20 persen akan diletakan di pasar uang syariah.

Sementara untuk return atau keuntungan yang didapat dari investasi danareksa syariah ini mencapai 20 persen per tahun.


Takut Investasi Karena Efek Riba, Ikut Investasi Danareksa Syariah Yang Sesuai Syariat Islam--instagram.com/@ksei.official

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber