Hakikat Sebenarnya dari Tradisi Kawin Tangkap Suku Sumba : Dulu Jadi Perayaan Perkawinan Unik

Hakikat Sebenarnya dari Tradisi Kawin Tangkap Suku Sumba : Dulu Jadi Perayaan Perkawinan Unik

Hakikat Sebenarnya dari Tradisi Kawin Tangkap Suku Sumba : Dulu Jadi Perayaan Perkawinan Unik--instagram.com/@ketidaksetaraan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mengenal tradisi satu daerah adalah hal yang menarik. Salah satu perayaan unik yang mencerminkan kekayaan warisan budaya menarik ini yaitu tradisi Kawin Tangkap suku Sumba yang terletak di  kabupaten Sumba Barat. 

Bukan hanya karena keindahan alam Sumba Barat daya yang memukau, tetapi juga karena kekayaan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi, termasuk tradisi perkawinan suku Sumba yang unik.

Salah satu tradisi yang paling unik dari Suku Sumba yang  menarik perhatian wisatawan adalah "Kawin Tangkap," sebuah drama pura-pura penculikan dan penankapan yang dilakukan pengantin pria kepada pengantin wanita.

Pengenalan Tradisi Kawin Tangkap

BACA JUGA:Alternatif Investasi dan Pendaan : Bagaimana mekanisme pendanaan Peer-to-peer(P2P) Masih amankah

Zaman dulu, Kawin Tangkap adalah sebuah tradisi pernikahan adat yang sangat dihormati oleh suku Sumba di wilayah Barat Daya yang mencerminkan kearifan lokal, masyarakat suku Sumba.

Tradisi ini melibatkan proses pernikahan yang unik, di mana pengantin pria harus "menangkap" pengantin wanita sebagai simbol perjuangan dan kesetiaan dalam kehidupan berumah tangga.

Tradisi ini memiliki akar dalam nilai-nilai adat  yang kuat dan menjadi bagian penting dari identitas budaya Sumba.

Pra-Persiapan Kawin Tangkap

BACA JUGA:Eksplorasi Luar Angkasa di Era Baru: Teknologi yang Akan Membawa Manusia ke Mars

Sebelum pelaksanaan Kawin Tangkap, banyak persiapan yang harus dilakukan oleh kedua keluarga pengantin. Ini termasuk negosiasi mas kawin (uang yang diberikan oleh pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita).

Kemudian persiapan pakaian adat, serta persiapan spiritual dan adat lainnya. Pihak pengantin pria juga harus membuktikan kesiapannya dengan menjalani berbagai ujian dan tugas yang diberikan oleh keluarga pengantin wanita.

Upacara Adat Kawin Tangkap

Puncak dari tradisi Kawin Tangkap adalah upacara adat yang mengesankan. Upacara ini biasanya diadakan di lapangan terbuka atau tempat khusus yang telah disiapkan dengan dekorasi adat yang meriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber