Trik Sukses Mengelola Dana Darurat Keuangan Anda, Hindari Kesalahan Fatal Ini Agar Tidak Menyesal

Trik Sukses Mengelola Dana Darurat Keuangan Anda, Hindari Kesalahan Fatal Ini Agar Tidak Menyesal

Trik sukses mengelola dana darurat untuk kepentingan mendesak.Hindari kesalahan fatal agar tidak menyesal.--Istockphoto.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Para ahli dan perencana keuangan merekomendasikan memiliki cadangan dana yang bisa digunakan untuk situasi darurat atau dikenal dengan istilah dana darurat.

Penting bagi semua orang, tanpa memandang usia, penghasilan, atau keadaan hidup, untuk memiliki dana darurat.

Sebaiknya memiliki simpanan dana darurat yang mencukupi untuk menghadapi kebutuhan finansial yang tak terduga.

Dilansir dari Fox Business pada hari Selasa (5/9/2023), disarankan agar Anda memiliki simpanan dana darurat untuk stabilitas keuangan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup selama tiga hingga enam bulan.

BACA JUGA:Inilah Rekam Jejak Hendri Zainuddin, Ketua KONI Sumsel yang Akhirnya Jadi Tersangka Korupsi

Oleh karena itu, jika Anda mengalami kehilangan pekerjaan, harus menanggung biaya yang tak terduga seperti perbaikan kendaraan atau bangunan, dan bahkan biaya medis.

Anda tidak perlu mengambil pinjaman untuk menghadapi situasi yang sulit tersebut.

Jika Anda sudah memiliki dana cadangan, ada tiga tindakan yang harus dihindari dalam penggunaan uang tersebut.

1. Berinvestasi dalam aset seperti saham atau reksa dana dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah kekayaan secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih lama.

BACA JUGA:Kisah Waya Waya Nabung Reksadana, Punya Keberanian Padahal Gaji UMR

Akan tetapi, jika berbicara tentang uang yang disimpan untuk keadaan darurat, opsi terbaik adalah menyimpannya di rekening bank.

Saat Anda menyimpan uang cadangan di rekening tabungan, Anda dapat memastikan bahwa dana tersebut aman dan tidak akan hilang.

Jika Anda memutuskan untuk mengalokasikan uang Anda menjadi investasi, ada kemungkinan Anda akan mengalami kerugian sebagian atau total jika keadaan tidak berpihak pada Anda.

2. Menggunakan uang yang seharusnya ditabung untuk keperluan yang tidak mendesak adalah tindakan yang mudah dilakukan ketika kendaraan bermasalah atau peralatan rumah seperti AC rusak dan memerlukan perbaikan yang segera dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber