Waspada Terhadap Penyakit Langka Cacar Monyet yang Menjadi Darurat Kesehatan Global

Waspada Terhadap Penyakit Langka Cacar Monyet yang Menjadi Darurat Kesehatan Global

Mengenal Gejala Cacar Monyet--Ilustrasi Gambar : kemkes.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Cacar Monyet Sebagai salah satu penyakit zoonosis langka, Cacar Monyet telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global sejak 23 Juli 2022.

Saat ini telah terdata 10 orang yang positip mengidap penyakit Cacar monyet di Indonesia. Hal ini memicu peringatan bagi seluruh pemangku kebijakan kesehatan dan masyarakat Indonesia untuk bersiap dan waspada terhadap penyebaran kasus monkeypox atau cacar monyet.

Salah satu langkah penting dalam menghadapi ancaman ini adalah dengan mengenali gejala penyakit cacar monyet melalui sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dilansir dari  kemkes.go.id Gejala penyakit cacar monyet harus dipahami dengan baik oleh masyarakat, karena hal ini dapat mempercepat penanganan jika seseorang terinfeksi sebelum kondisinya memburuk.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi KSAD

 

Gejala Cacar Monyet

Berikut adalah tujuh gejala yang mungkin muncul jika seseorang terinfeksi cacar monyet:

  1. Sakit Punggung
  2. Nyeri Otot
  3. Sakit Kepala
  4. Demam Akut (suhu tubuh di atas +38,5 derajat Celsius)
  5. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Sekitar Leher atau Selangkangan
  6. Asthenia atau Kelemahan Tubuh
  7. Ruam pada Kulit yang dimulai dengan kemerahan, bintik berair, bintik bernanah, dan berakhir dengan keropeng. Ruam ini dapat muncul di area wajah, tangan, kaki, mulut, anus, dan alat kelamin.

BACA JUGA: Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Meskipun cacar monyet memiliki tingkat penularan dan fatalitas yang relatif rendah jika dibandingkan dengan Covid-19, tetapi kewaspadaan dan tindakan pencegahan tetap sangat penting.

Masyarakat diimbau untuk tetap menjalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jika seseorang mengalami gejala cacar monyet, segera berkonsultasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan sesuai dengan protokol penanganan pasien cacar monyet.

Kondisi ini menegaskan pentingnya kerja sama antara masyarakat, pemerintah, dan tenaga medis dalam menjaga dan melindungi kesehatan masyarakat dari penyakit langka yang dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan global. Dengan pengetahuan tentang gejala penyakit ini, kita dapat lebih siap dan responsif dalam menghadapinya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemkes.go.id