Waspadai Demam, Sebab Banyak Penyakit Mematikan Juga Gejala Awalnya Berupa Meriang dan Demam

Waspadai Demam, Sebab Banyak Penyakit Mematikan Juga Gejala Awalnya Berupa Meriang dan Demam

Waspadai demam, sebab banyak penyakit mematikan diawali dengan gejala meriang dan demam--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Demam adalah respons fisiologis yang melibatkan peningkatan suhu tubuh di atas batas normal sekitar 98.6°F (37°C).

Reaksi demam dapat dipicu oleh berbagai penyakit baik yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, termasuk virus penyakit berbahaya.

Saat ini banyak masyarakat menderita demam flu karena polusi udara dan perubahan cuaca yang cukup esktrim.

Ketika tubuh terinfeksi oleh bakteri atau virus, sistem kekebalan tubuh akan merespons dengan cara mengeluarkan sitokin, yaitu molekul yang mengatur respon imun.

BACA JUGA:Operasi Zebra Musi Digelar 2 Pekan di Palembang, Pelanggar Ini Jadi Sasaran

Sitokin ini memicu pelepasan prostaglandin E2 (PGE2) dalam otak, yang kemudian mengubah set point suhu tubuh normal di hipotalamus.

Demam sering kali merupakan gejala umum pada banyak penyakit, seperti flu, pilek, malaria, infeksi saluran kemih, tipus dan berbagai penyakit lainnya.

Melalui demam, tubuh mencoba mengidentifikasi dan mengatasi infeksi yang terjadi. Saat demam terjadi, tubuh akan merasa tidak nyaman, lelah, dan mungkin mengalami peningkatan denyut jantung.

Saat ini banyak masyarakat menderita batuk pilek, akibat polusi dan perubahan cuaca yang cukup esktrim.

BACA JUGA:Pangdam 2 Srwijaya Lepas 350 Personil Arhanud 12/SBP Ke Perbatasan Kaltim-Kaltara

Beberapa gejala batuk pilek tentu saja demam meriang dan panas tinggi. Disertai batuk dan ingus atau batuk berdahak yang berlanjut.

Masyarakat biasanya santai dengan gejala-gejala yang dianggap hanya demam biasa, dan akan menghilang dengan sendirinya dengan minum obat warung.

Mari kita bahas penyakit yang punya gejala demam tapi ternyata dua penyakit ini berbeda dari sisi pengobatan maupun bahaya yang ditimbulkan. Berikut akan diulas demam karena flu dan karena tipus.

Batuk pilek dan tipus (typhoid) adalah dua kondisi kesehatan yang berbeda dan memiliki penyebab serta gejala yang berbeda pula. Berikut adalah perbedaan antara keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber