Tanah di OKU Cocok untuk Tanaman Cabai dan Bawang Merah

Tanah di OKU Cocok untuk Tanaman Cabai dan Bawang Merah

Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah melakukan panen cabai di OKU.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Sejumlah petani di Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berhasil mengubah lahan pertanian karet menjadi lahan cabai. Hasilnya cukup menggiurkan dan panen melimpah.

Hal ini dibuktikan dari panen raya yang dilakukan oleh Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah bersama kelompok tani di Desa Karya Jaya Kecamatan Sinar Peninjauan, OKU. Dikatakan Teddy, dari panen tersebut membuktikan bahwa tanah di Kabupaten OKU cocok untuk berbagai tanaman, asalkan masyarakat mau melakukannya.

"Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan panen bawang merah di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, di mana dalam satu hektar bisa menghasilan empat belas ton bawang merah. Kemudian di Sinar Peninjauan ini ada tanaman cabai yang sangat subur," ujar Teddy.

Dikatakan Teddy bahwa cabai dan bawang menjadi salah satu penyumbang inflasi di Kabupaten OKU selama ini. Karena cabai dan bawang banyak dipasok dari luar OKU.

BACA JUGA:Tim Evaluasi Tak Perpanjang Jabatan Achmad Tarmizi, Pj Bupati OKU Lantik Pj Sekda OKU

BACA JUGA:Perhatian! Pelanggan PDAM Tirta Raja yang Menunggak akan Kena Tertibkan

Menurut Teddy, masyarakat bisa jika mau melakukan penanaman cabai dan bawang, paling tidak di Kabupaten OKU dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

"Yang terpenting adalah OKU bisa menekan angka inflasi dengan langkah konkrit seperti ini. Tapi syaratnya petani mau melakukannya, soal bibit kita sangat banyak bibit tinggal lagi kemauannya," jelas Teddy.

Di Kecamatan Sinar Peninjauan, para petani menanam cabai di lahan seluas 25 hektar. Dalam satu hektarnya petani bisa mendapatkan sedikitnya sepuluh ton cabai, itupun dengan treatment sederhana dan menggunakan pupuk biasa.

"Saya sangat mengapresiasi penyuluh dan kelompok tani karena cukup berhasil. Per hektarnya mendapatkan sepuluh ton, itupun petani menggunakan pupuk biasa, apalagi jika memang serius dan menggunakan treatment yang baik," lanjut Teddy, Rabu (22/02/2023).

BACA JUGA:Ini yang Ditunggu-tunggu Pemirsa, Umroh Bareng PALTV dan Holiday Angkasa Wisata

BACA JUGA:Tebing Senja, Tempat Nongkrong Asik di Kota Palembang

Jika petani menggunakan pupuk yang baik, menurutnya petani dapat menghasilkan sampai lima belas ton per herktarnya. Karena sudah dibuktikan saat ini petani di Sinar Peninjauan yang berhasil menanam cabai. 

"Tanah kita ini sangat cocok dengan semua tanaman. Baik itu cabai, bawang dan sayuran lainnya. Apalagi kopi, karet dan sawit dan tanaman lainnya sudah menjadi tanaman andalan kita. Ini perlu dicoba oleh masyarakat kita," harapnya. 

Kabupaten OKU sendiri sebenarnya bisa menjadi penyedia cabai secara mandiri dan hal itu selaras dengan gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang dicanangkan Gubernur Sumatera Selatan. Meskipun tak ada lahan yang cukup luas, masyarakat bisa menanam di perkarangan rumah menggunakan media tanam seperti pot ataupun polibag.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv