Menyinari Ruangan Dengan Sempurna: Begini Panduan Jarak Ideal Pemasangan Lampu Downlight

Menyinari Ruangan Dengan Sempurna: Begini Panduan Jarak Ideal Pemasangan Lampu Downlight

Memasang lampu downlight harus memenuhi ketentuan jarak yang tepat agar pencahayaan ruangan jadi sempurna--free pik.com

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Lampu downlight merupakan salah satu jenis Lampu yang sering digunakan dalam desain pencahayaan interiorPenempatan yang tepat dan jarak pemasangan yang ideal menjadi faktor penting untuk mencapai pencahayaan yang optimal dan estetika ruangan yang diinginkan. 

Standar pemasangan lampu downlight telah ditetapkan dalam berbagai panduan desain pencahayaan, termasuk standar yang berlaku di Indonesia.

 Artikel ini akan menjelaskan mengenai jarak pemasangan lampu downlight yang ideal menurut standar Indonesia. Pentingnya Pemasangan Lampu Downlight yang Tepat

Pemasangan lampu downlight yang tepat sangat berpengaruh pada kualitas pencahayaan di dalam ruangan. Jika pemasangan terlalu rapat, cahaya yang dihasilkan akan terasa terlalu terang dan mengganggu mata.

BACA JUGA:Melihat Bekas Peninggalan Perang dan Sejarah Kelam Perang Vietnam Yang Renggut Jutaan Nyawa

Sebaliknya, jika pemasangan terlalu renggang, cahaya akan tersebar tidak merata dan ruangan mungkin terasa gelap di beberapa bagian.

Oleh karena itu, penting untuk mengikuti pedoman yang telah ditetapkan untuk menentukan jarak pemasangan yang ideal.

Standar Jarak Pemasangan Lampu Downlight di Indonesia

Di Indonesia, standar jarak pemasangan lampu downlight umumnya mengacu pada panduan dari Indonesian National Standard (SNI) 8067:2015 tentang Tata Cara Perancangan Pencahayaan pada Bangunan Gedung.

BACA JUGA:Siapa Habib Umar bin Hafidz ? Mari Kenali Lebih Jauh

Menurut SNI ini, jarak pemasangan ideal antara lampu downlight sebaiknya berkisar antara 1,5 hingga 2 kali tinggi instalasi lampu dari permukaan yang akan disinari. "h" dalam rumus tersebut adalah tinggi instalasi lampu dari permukaan.

Rumus tersebut memberikan panduan yang berguna untuk menentukan jarak yang sesuai dengan kondisi tertentu. Misalnya, jika tinggi instalasi lampu dari permukaan adalah 2 meter, maka jarak pemasangan idealnya akan berkisar antara 3 hingga 4 meter.

Namun, perlu diingat bahwa faktor-faktor seperti jenis lampu yang digunakan, intensitas cahaya yang diinginkan, dan fungsi ruangan juga dapat mempengaruhi penentuan jarak pemasangan yang ideal.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber