Misteri Horor Kampung Vietnam di Batam: Cerita Kampung Kosong Di Tinggal Pengungsi Vietnam

Misteri Horor Kampung Vietnam di Batam: Cerita Kampung Kosong Di Tinggal Pengungsi Vietnam

Cerita horor dibalik kampung Vietnam. Kampung bekas pengungsi Vietnam di pulau Galang Batam --kabarwisata.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Berawal dari ratusan ribu warga Vietnam  yang melarikan diri dari Vietnam sekitar tahun 1979. Warga Vietnam mengungsi ke negara lain pasca perang saudara, yang terjadi di sana.

Mereka hidup ala kadarnya dan berjuang hidup diatas perahu selama beberapa waktu terombang-ambing di Laut China Selatan tanpa tujuan jelas. Berharap dapat menemukan pulau tempat singgah.

Sebagian dari warga Vietnam Selatan yang melarikan diri  tersebut berhasil mencapai Indonesia, tepatnya Pulau Galang dan Tanjung Pinang. Seperti diketahui, Batam terdiri dari ratusan pulau. Nah Perahu pengungsi ini mampir ke pulau Galang di Batam.

Saat itu, Lembaga dunia PBB membangun kamp di atas lahan seluas 80 hektare.Di pulau inilah mereka memulai kehidupan.

BACA JUGA:Pisah Sambut Pangdam II Sriwijaya dari Mayjen TNI Hilham Hadi kepada Mayjen TNI Yanuar Adil

Sejak itulah, kampung tersebut disebut kampung Vietnam. karena sebagian besar warga disana merupakan penduduk Vietnam. Karena banyak penduduk di kamp atau barak-barak pengungsi. 

Di sini juga dibangunfasilitas penunjang lain seperti rumah ibadah dan pelayanan kesehatan, hingga komplek pemakaman. Kampung bekas pengungsi Vietnam di Batam jadi destinasi wisata, meskipun terkesan horor

Kehidupan berjalan, hingga pada belasan tahun kemudian, sekitar masuk tahun 1996, semua orang  Vietnam yang ada kampung pengungsian tersebut berangsur meninggalkan Indonesia.

Mereka pulang ke negaranya. Kampung yang tadinya ramai dengan tradisi unik kehidupan orang Vietnam tiba tiba sepi dan kosong tak lagi dihuni orang Vietnam.

BACA JUGA:Petani Komoditas Karet di OKI Keluhkan Harga Karet Anjlok Rp8.000 Per Kilogram

Hingga kini kamp tersebut dikenal sebagai Eks Kampung Vietnam, atau Ex Camp Vietnam.Hingga saat ini masih ada dan dijadikan sebagai salah satu destinasi di Kota Batam.

Karena memiliki barak-barak dan fasilitas sebuah kampung, keberadaannya diambil alih oleh Badan Pengelola Wisata  BP Batam dan dijadikan lokasi wisata sejarah.

Kampung Vietnam di Batam telah lama menjadi pusat perhatian bagi mereka yang tertarik pada misteri dan cerita horor. Terletak di tengah-tengah pulau Batam, kampung ini telah menjadi subyek legenda dan cerita yang menggetarkan hati.

Masyarakat pulau Batam banyak yang percaya bahwa kampung ini menyimpan banyak cerita misteri. Terlebih kalau melewati kampung ini dimalam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber