Mengapa Gunung Erupsi : Penyebab, Dampak, dan Langkah Cepat Penanggulangannya

Mengapa Gunung Erupsi : Penyebab, Dampak, dan Langkah Cepat Penanggulangannya

Gunung Dempo Erupsi --Foto : SAKIM - PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mengutip Kamus Besar Bahsa Indonesia (KBBI), erupsi adalah letusan gunung api atau semburan sumber minyak dan uap panas.

Lalu, menurut situs Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, erupsi adalah peristiwa keluarnya magma dari gunung api menuju permukaan bumi yang bisa dikeluarkan secara efusif maupun eksplosif.

Gunung meletus merupakan fenomena alam yang memiliki dampak besar terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitarnya. Meletusnya gunung disebabkan oleh berbagai faktor dan faktor ini juga memengaruhi dampak yang dihasilkan.

Penting untuk memahami penyebab gunung meletus, dampaknya, serta langkah-langkah cepat yang dapat diambil untuk mengurangi risiko dan merespons meletusnya gunung.

BACA JUGA:Menghadapi Erupsi Gunung Dempo: Langkah-Langkah Penting yang Harus Dilakukan Masyarakat

BACA JUGA:Gunung Dempo Erupsi, Warga Pagar Alam Diminta Menjauhi Radius 1 Kilometer

 

Penyebab Gunung Meletus

Aktivitas Tektonik: Sebagian besar gunung meletus terjadi di wilayah yang berada di atas jalur lempeng tektonik. Ketika lempeng bumi bergerak, terjadi tekanan, gesekan, dan akumulasi magma di bawah permukaan yang dapat menyebabkan tekanan yang meningkat hingga akhirnya meledak.

Akumulasi Magma: Ketika magma (batuan cair yang mengandung gas) terkumpul di dalam kawah gunung berapi, tekanan dari bawah dapat menyebabkan pembengkakan dan retakan pada kerak bumi di sekitarnya.

Pergerakan Gas: Gas-gas seperti sulfur dioksida dapat terperangkap di dalam magma. Ketika tekanan lingkungan berubah atau ketika magma mendekati permukaan, gas-gas ini dapat mengembang dan menciptakan tekanan yang menyebabkan letusan.

BACA JUGA:Kebakaran Hutan dan Lahan Tidur di Ogan Ilir, Polres Selidiki Pelaku

BACA JUGA:Polusi Udara Semakin Memburuk : Waspadai ISPA dan Kenali Ciri-ciri Udara Mengandung Polusi

Dampak Gunung Meletus:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber