Tak Bosan Menikmati Seni Di Jogja : Kota Para Seniman Yang Terus Berkarya dari Zaman Dulu Sampai Sekarang

Tak Bosan Menikmati Seni Di Jogja : Kota Para Seniman Yang Terus Berkarya dari Zaman Dulu Sampai Sekarang

Melancong ke Jogja artinya berkunjung ke kota para seniman yang terus berkarya dari zaman dulu sampai sekarang--instagram.com/@raukusuma

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Melancong ke Jogja identik dengan mengunjungi kotanya para seniman. Berbagai karya seni ada di Jogja. Mulai dari seni patung, seni lukis, seni tari, seni wayang, dan  seni kebendaan yang populer dan banyak diminati para pelancong. Jika bertandang ke provinsi ini, dari pusat kota sampai pinggiran kita akan menemui banyak sekali karya seni.

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, adalah salah satu kota budaya dan pariwisata paling terkenal di Indonesia. Selain menikmati karya seni para leluhur seperti candi-candi, wisata jogja juga menawarkan keindahan alam.

Jogja memiliki banyak seniman terkenal yang telah menciptakan karya-karya luar biasa dalam berbagai bidang seni. Beberapa seniman terkenal dari Jogja dan karya-karya mereka antara lain:

Affandi (1907-1990): Affandi adalah salah satu pelukis terkenal Indonesia. Ia dikenal dengan gaya melukis yang ekspresif dan unik. Salah satu karyanya yang terkenal adalah "Potret Diri yang Sedang Berdoa".

BACA JUGA:9 Sekolah Termahal di Dunia yang Menawarkan Pendidikan Berkualitas dan Fasilitas Megah

Sudjojono (1913-1986): Salah satu pelukis terkemuka Indonesia, Sudjojono dikenal dengan gaya realis dan kritis dalam melukis. Karyanya yang terkenal adalah "Pemberontakan Pemuda".

Amri Yahya (1938-2001): Pematung terkenal dari Jogja, Amri Yahya, dikenal dengan karya-karya monumentalnya yang terbuat dari batu alam. Salah satu karyanya yang terkenal adalah "Patung Soekarno di Depan Gedung DPR/MPR".

Edhi Sunarso (1920-1985): Pematung dan seniman keramik, Edhi Sunarso, dikenal dengan karya-karya yang menggabungkan unsur-unsur tradisional Jawa dengan bentuk-bentuk modern.

Nasirun (1957-2011): Seniman kontemporer dari Jogja, Nasirun, dikenal dengan karya-karya instalasi dan seni konseptual yang menggabungkan elemen-elemen budaya lokal dengan gagasan kontemporer.

BACA JUGA:Jejak Langkah Mobil Listrik: Dari Pionir Awal Hingga Masa Depan Berkelanjutan

Eko Nugroho: Seniman multitalenta yang dikenal dengan karyanya yang sering kali menggabungkan seni jalanan, graffiti, dan seni rupa kontemporer. Ia seringkali menyampaikan pesan sosial dalam karyanya.

Heri Dono: Seniman yang terkenal dengan gaya unik yang menggabungkan wayang kulit dengan elemen-elemen kontemporer. Karyanya sering kali mencerminkan humor dan komentar sosial.

Agus Suwage: Seniman kontemporer yang dikenal dengan karya-karya yang menggabungkan teknologi dengan seni rupa. Karyanya sering kali memiliki pesan sosial dan politik yang kuat.

I Nyoman Masriadi: Pelukis kontemporer yang karya-karyanya sering kali menampilkan tokoh-tokoh kuat dengan gaya yang dramatis dan eksentrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber