Warga Pinggiran Sungai Musi Kesulitan Air Bersih Saat Musim Kemarau

Warga Pinggiran Sungai Musi Kesulitan Air Bersih Saat Musim Kemarau

Memasuki musim kemarau, kondisi debit air Sungai Musi mulai mengalami surut dan membuat warga di pinggiran Sungai Musi kesulitan mendapatkan air besih, Rabu (16/8/2023).-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Memasuki musim kemarau, kondisi debit air Sungai Musi mulai mengalami surut.

Dalam beberapa bulan terakhir, warga pinggiran Sungai Musi yang masih memanfaatkan aliran Sungai Musi untuk kehidupan sehari-hari, mengeluh karena air sungai yang kotor dan berbau.

Dari pantauan tim liputan PALTV di Kelurahan 32 Ilir pada hari Rabu, 16 Agustus 2023, warga sekitar masih melakukan aktivitas mandi dan mencuci piring menggunakan air Sungai Musi. Sebagian warga memanfaatkan musim kemarau ini dengan mencari ikan.

Nursida salah satu warga di 32 Ilir mengatakan, warga di sini sudah puluhan tahun tidak memasang air PDAM dan masih menggunakan air Sungai Musi untuk kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Jabatan Komisioner Berakhir, Staf Bawaslu Muara Enim Tetap Beraktivitas Sepeti Biasa

BACA JUGA:Ketua DPRD Ogan Ilir Pimpinan Rapat Paripurna VIII Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia

Memasuki musim kemarau , warga  kesulitan untuk mencari air bersih. Karena, sehari-hari mereka masih memakai air Sungai Musi untuk kehidupan.

"Sudah puluhan tahun Pak sebagian warga di sini tidak memasang PDAM karena tidak ada biaya, dan kami masih mengandalkan air Sungai Musi untuk kehidupan sehari-hari. Ketika surut, kami kesulitan untuk mandi dan mencuci piring karena airnya bau dan kotor," ujar Nursida.

Sementara untuk kebutuhan minum, saat air Sungai Musi sedang turun, mereka terpaksa memilih beli air galon. Namun, mandi dan mencuci piring masih menggunakan air Sungai Musi yang kotor dan bau.

"Sedangkan untuk minum sendiri kami terpaksa membeli air galon. Namun jika mandi dan mencuci piring masih menggunakan air Sungai Musi yang sedang kemarau dan surut," sambung Nursida.

BACA JUGA:Aksi Curanmor Terekam Kamera Pengawas, Warga Kertapati Resah dan Berharap Pelaku Bisa Cepat Tertangkap

BACA JUGA:Giliran Mantan Kadis Kebudayaan Kota Palembang Diperiksa Kejati Sumsel Perkara Korupsi Proyek Pasar Cinde


Nursida, warga Kelurahan 32 Ilir, Palembang, Rabu (16/8/2023).-Irawan -PALTV

Selain itu, Nursida juga mengatakan di musim kemarau ini sebagian warga memanfaatkannya dengan mencari ikan, karena lebih mudah saat air sedang surut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv