Gorengan Memang Lezat, Namun Bahayanya Tidak Main-main

Gorengan Memang Lezat, Namun Bahayanya Tidak Main-main

Pisang goreng dan bakwan.-Irhan Febijanto-instagram.com/@febijanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa dari kalian yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ini dia gorengan, makanan yang hampir di setiap sudut tempat ada yang menjualnya. Biasanya terdiri dari tempe, tahu, pisang, molen, risol, dan lainnya. Digoreng dengan sedikit tepung menghasilkan cita rasa yang memiliki tempat tersendiri di hati para pecintanya.

Gorengan dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja. Dijual dengan harga yang terjangkau membuat banyak orang memilih gorengan sebagai cemilan. Dinikmati pada hari sedang hujan dan dimakan bersama cabai rawit adalah perpaduan yang sempurna. Namun, di balik kenikmatan serta kelezatan gorengan, apakah kalian tahu ada bahaya yang mengintai apabila mengonsumsi gorengan dalam jumlah banyak dan terbilang sering?

1. Menyebabkan kelebihan berat badan

Minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan dapat meresap ke dalam gorengan, sehingga meningkatkan jumlah lemak serta kalori pada gorengan. Seperti yang kita ketahui, apabila makanan terlalu banyak mengandung minyak dan kalori, maka akan semakin berbahaya pula bagi kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan badan menjadi obesitas.

BACA JUGA:Pesona Gunung Sibuatan, Atap Negeri dari Sumatera Utara

BACA JUGA:Buket Lolipop Coklat, Hadiah Unik di Momen Valentine

2. Memperbesar resiko terkena kanker

Kanker adalah penyakit yang dihindari oleh setiap orang. Tidak ada orang yang ingin terkena kanker. Mahalnya biaya pengobatan serta dampaknya bagi tubuh yang sangat mengerikan, menjadi alasan semua orang untuk menghindari penyakit tersebut. Untuk kalian pecinta gorengan, siap-siap saja zat seperti zat akrilamida akan membuat kemungkinan tubuhmu terkena kanker. 

Zat akrilamida adalah zat yang muncul pada proses memasak dengan suhu yang tinggi. Selain zat ini, lemak trans yang terkandung pada makanan yang digoreng dapat meningkatkan sebuah senyawa, yang nantinya akan mendukung peradangan dalam tubuh kalian. Ujungnya, dapat meningkatkan resiko terkena kanker.

3. Menyebabkan penyakit jantung

BACA JUGA:Keindahan dan Legenda Pusuk Buhit

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Relawan YPN Deklarasikan Diri

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dapat menyebabkan tekanan darah pada tubuh menjadi tinggi, meningkatkan kolestrol jahat, menurunkan kolestrol baik, yang ini semua dapat menyebabkan penyakit jantung terutama jantung koroner.

Mengonsumsi gorengan sebenarnya diperbolehkan saja, namun haruslah ada batasan dalam konsumsi gorengan ini. Lalu, untuk gorengan yang lebih sehat, tentu saja kalian dapat membuatnya sendiri di rumah. Selalu perhatikan suhu minyak dalam menggoreng, jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu dingin. Minyak untuk menggoreng pun dapat diganti dengan minyak zaitun, ataupun minyak kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com