Konsumsi Buah Kurma Tidak Harus Menunggu Bulan Puasa: Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Konsumsi Buah Kurma Tidak Harus Menunggu Bulan Puasa: Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Konsumsi Buah Kurma Tidak Harus Menunggu Bulan Puasa.-pictavio-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kebiasaan orang Indonesia, mengkonsumsi kurma hanya di bulan puasa atau bulan Ramadhan. Selebihnya, kurma biasanya dilupakan dan sedikit sekali orang mencari kurma.

Padahal, konsumsi kurma harusnya tiap hari, tidak harus menunggu bulan puasa.  Karena manfaat kurma bagi kesehatan sangatlah banyak.

Kurma, buah yang berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera), telah dikenal dan dikonsumsi oleh berbagai budaya sejak ribuan tahun yang lalu.

Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, kurma juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Kandungan nutrisi yang kaya dan beragam dalam kurma menjadikannya sebagai makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan:

1. Sumber Energi Alami

Kurma mengandung karbohidrat kompleks seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ini membuatnya menjadi sumber energi yang alami dan sehat. Konsumsi kurma dapat memberikan lonjakan energi yang stabil, cocok sebagai camilan di antara waktu makan.

BACA JUGA:Mengenal Proses Pembuatan Tahu, Dari Kedelai Hingga Piring Anda

BACA JUGA:Mengerikan! Inilah Olahraga Paling Rentan Cedera, Apakah Kamu Berani Coba?

2. Kaya Serat

Serat dalam kurma membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mempromosikan pergerakan usus yang sehat, dan mengurangi risiko masalah pencernaan seperti divertikulosis.

3. Kaya Antioksidan

Kurma mengandung berbagai jenis antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif dan penuaan dini.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam kurma dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah dan fungsi jantung yang sehat. Serat dalam kurma juga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber