BREAKING NEWS! Hokkaido Jepang Diguncang Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudo

BREAKING NEWS! Hokkaido Jepang Diguncang Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudo

Hokkaido Jepang Diguncang Gempa.--Instagram/punapibali

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Pulau Hokkaido dan wilayah sekitarnya di utara Jepang.

Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) mencatat, gempa terjadi sekitar pukul 09:14 waktu Jepang, berpusat di kedalaman 46 kilometer di bawah tanah. 

Badan Meteorologi Jepang menyampaikan laporan yang menyebutkan bahwa gempa ini memiliki magnitudo 5,9 dan berpusat di Prefektur Aomori dengan kedalaman 20 kilometer.

Meskipun begitu, tidak ada ancaman tsunami yang diindikasikan oleh otoritas terkait.

Sampai saat ini, informasi tentang dampak dan potensi kerusakan akibat gempa ini masih belum tersedia.

Di sisi lain bumi, Selandia Baru juga mengalami goncangan seismik. Gempa bumi magnitudo 5,6 dirasakan di Selandia Baru tengah, mengguncang daerah Wellington dan Christchurch.

Gempa tersebut berpusat di puncak South Island dan terjadi di kedalaman 170 km, sekitar 75 km sebelah utara French Pass pada Kamis pukul 11.53 pagi waktu setempat.

BACA JUGA:Heboh! Warga OKI Temukan Sejumlah Emas dan Perhiasan di Sungai Komering

BACA JUGA:Kemampuan Sanji dalam One Piece dan 30 Fakta Menarik tentang Karakternya

Peristiwa ini terjadi saat ribuan penggemar sepak bola sedang menuju Stadion Regional Wellington untuk menyaksikan pertandingan perempat final Piala Dunia Wanita antara Spanyol dan Belanda, yang dimulai pada pukul 1 siang.

Getaran gempa dirasakan luas di sebagian besar Selandia Baru bagian tengah, dengan laporan dari kurang dari 20.000 orang yang merasakannya, menurut GeoNet.

Deskripsi dari para saksi melibatkan variasi pengalaman. Seorang pengguna Twitter menggambarkan getaran sebagai "bergulir dan bergoyang di Wellington".

Seorang penduduk setempat menggambarkan goncangan tersebut sebagai "cukup keras," merasakannya sebagai perubahan yang bisa dirasakan sebelum dampak utama. Meskipun ada perbedaan persepsi, GeoNet mengklasifikasikan getaran sebagai "ringan."

Dalam menghadapi potensi gempa bumi lebih besar di masa depan, GeoNet mengingatkan untuk selalu mengikuti pedoman keselamatan, yaitu menjatuhkan, menutupi, dan menahan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber