Mitos dan Fakta! Kamar Kosong Dalam Jangka Waktu Lama Akan Dihuni Oleh Jin

Mitos dan Fakta! Kamar Kosong Dalam Jangka Waktu Lama Akan Dihuni Oleh Jin

Mitos dan fakta jika kamar kosong dalam jangka waktu lama maka akan dihuni oleh jin.-Hanida Syafrina-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dalam ajaran Islam, memiliki hal-hal yang berlebihan adalah sesuatu yang tidak baik. Termasuk memiliki kelebihan kamar, atau membiarkan kamar kosong dalam jangka waktu lama.

Apakah jin benar-benar bisa mendiami kamar kosong atau tidak, ini lebih berhubungan dengan keyakinan individu dan berbagai pandangan dalam masyarakat Muslim.

Biasanya, orang-orang senang sekali memiliki kamar pribadi. Karena itu, masing-masing anak memiliki kamar sendiri. Bahkan, sebagian masyarakat membuat kamar khusus untuk tamu. Padahal, belum tentu ada tamu yang datang.

Belakangan, karena anaknya sudah menikah atau pindah ke kota lain. Maka, akan ada kamar kosong yang tidak ditinggali. Membiarkan kamar kosong tanpa ditiduri meninggalkan kesan seram dan mistis.

BACA JUGA:Tempat Usaha Salon Ludes Terbakar, Siti Rugi Hingga Miliaran Rupiah

Sebenarnya, tidak ada ayat khusus yang secara spesifik mengatakan bahwa jin bisa menghuni kamar kosong. Sebagian ulama dan cendekiawan Islam mungkin berpendapat berbeda mengenai hal ini. Beberapa pandangan yang mungkin ditemukan antara yang mengatakan bahwa jin bisa berada di tempat-tempat tertentu, termasuk kamar kosong.

Sedangkan yang lain mungkin berpendapat bahwa jin tidak memiliki kehadiran fisik yang nyata di dunia kita. Mitos yang beredar di masyarakat, bahwa ada jin di dalam kamar kosong. Meskipun sebenarnya tidak bisa dibuktikan secara kasat mata atau indra perasa.

Namun, Nabi Muhammad SAW dikisahkan Jabir Bin Abdullah pernah bersabda bahwa kamar pertama untuk anak laki-laki, kamar kedua untuk istrinya, kamar ketiga untuk tamu dan kamar keempat untuk syetan. Artinya, kamar yang tidak ditinggali akan ditinggali mahluk lain. 

Selain itu dari Abu Hurairah meriwayatkan bahwa nabi pernah bersabda yang artinya jika ada seseorang meninggalkan tempat tidur kemudian kembali lagi, maka hendaknya dia mengibaskan ujung sarungnya sebanyak 3 kali .

BACA JUGA:Lakukan Pungli 8 Anggota LSM Diamankan Polisi, 5 Diantaranya Positif Narkoba

Ini dimaksudkan, agar jin jin yang mencoba ada di dalam kamar, akan pergi. Jangan lupa pula selalu berdoa agar dijauhkan dari jin dan syeiton.

Sementara dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat terutama yang ada di pedesaan selalu mengibaskan sapi lidi di kasur tempat tidur dengan tujuan mengusir mahluk halus sekaligus membersihkan debu yang ada di tempat tidur.

Ustadz Adi Hidayat di akun Tik Toknya mengatakan, di dalam rumah harus ada tempat khusus yang hanya digunakan untuk ibadah. Tempat tersebut tidak akan kosong, meskipun tidak ada yang tidur di situ.

Semua ibadah dilakukan di tempat itu, misalnya shalat, mengaji, zikir dan lainnya. Usahakan, tempat khusus ini dimiliki oleh setiap rumah. Baik berupa kamar maupun ruangan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber