Dibalik Kisah HUT RI ke-78, Merdeka dari Kehimpitan Ekonomi dengan Berdagang Bendera Musiman di Palembang

Dibalik Kisah HUT RI ke-78, Merdeka dari Kehimpitan Ekonomi dengan Berdagang Bendera Musiman di Palembang

Kisah Pedagang Bendera di HUT Kemerdekaan RI--PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pedagang bendera musiman mulai menjamur di kota Palembang menjelang HUT RI ke 78 tahun 2023 ini. 

Tidak sedikit diantara mereka, merupakan pedagang musiman yang datang jauh-jauh dari provinsi lain, salah satunya seperti Bentar, pria paruh baya asal Garut Jawa Barat, yang sudah setiap menjelang 17 Agustus mengadu nasib di kota pempek dari lebaran merah putih di depan Kantor DPRD Sumsel.

Bentar bercerita, jika sejak tahun 2007 dirinya mulai berjualan bendera musiman di Palembang, dan setiap tahun rutin ke Palembang sekitar tanggal 22 Juli.

Meski jauh dari tempat tinggalnya, berjualan bendera di Palembang menjadi pilihan, lantaran di daerah lain sudah dipenuhi pedagang lain.

BACA JUGA:Menyambut HUT RI 17 Agustus, Inilah Puisi Kemerdekaan Membakar Semangat

BACA JUGA:Wajib Coba! Ide Hadiah Lomba 17 Agustus 2023 yang Hemat Biaya

Untuk bendera yang dijual sendiri berasal diproduksi Bentar sendiri di Garut, sementara untuk harga cukup kompetitif yakni mulai dari 20 sampai 60 ribu rupiah untuk bendera, dan umbul-umbul sekitaran harga 150 hingga 350 ribu rupiah.

Meski jauh dari rumah, Bentar tetap optimis jika bendera yang dibawanya dari Garut dapat laku terjual, karena kondisi saat ini sudah lebih baik ketimbang momen pandemi beberapa tahun lalu.

“saya dari Garut Jawa Barat ya, kalau masuk jualan ke Palembang dari Tahun 2007, tiap tahun kita jualan di sini. Kita jualan di Palembang, pokoknya kalau mau pindah lokasi juga udah pada penuh seluruh Indonesia, biarpun kalau dipikir ya lumayan jauh. Pungkas Pedagang Bendera Asal Garut, Bentar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv